XL Usul Berbagi Spektrum Antar Operator Bangun Jaringan 5G

XL Usul Berbagi Spektrum Antar Operator Bangun Jaringan 5G

XL Usul Berbagi Spektrum Antar Operator Bangun Jaringan 5G
XL Usul Berbagi Spektrum Antar Operator Bangun Jaringan 5G

– XL Axiata menawarkan opsi berbagi spektrum antar operator telekomunikasi untuk mengimplementasikan jaringan 5G di Indonesia. Opsi tersebut dinilai akan lebih efektif.

“Secara model bisnis akan jauh lebih efektif apabila tidak perlu setiap operator membangun jaringan 5G-nya sendiri-sendiri. Pasti untuk infrastruktur telekomunikasi perlu biaya besar,” kata Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya kepada awak media usai acara Telco Outlook 2020 di Hotel Aston, Jakarta, Senin (2/12).

“Tiap tahun saja kita keluarkan Rp7 triliun untuk 4G, bayangkan kalau untuk 5G,” lanjut dia.

Selain spektrum, berbagi frekuensi juga dinilai Yessie efektif karena operator tidak mesti berinvestasi kembali untuk membangun infrastruktur 5G.

“Kemungkinan lain adalah misalnya sharing frekuensi, jadi dengan hak tersebut

harusnya kita [operator seluler] tidak perlu investasi dua kali, mungkin hanya peru 1,2 atau 1,5 kali,” pungkasnya.

Lihat juga:Mengenal Jaringan 5G

Sebetulnya, opsi soal frekuensi dan network sharing atau berbagi jaringan aktif masih menimbulkan pro dan kontra di antara operator seluler.

Network sharing sendiri merupakan salah satu jalan keluar bagi pemerintah untuk bisa mewujudkan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok daerah di luar Jawa secara efisien.

Dengan adanya network sharing maka akan secara langsung

memberikan manfaat kepada masyarakat, salah satunya berupa kesempatan mendapatkan tarif layanan telekomunikasi yang lebih murah karena ada keleluasaan sebagai hasil kompetisi pelayanan.

Pemerintah tengah melakukan revisi Peraturan Pemerintah (PP) No 52 tahun 2000 tentang penyelenggaraan telekomunikasi dan PP 53 tahun 2000 tentang frekuensi dan orbit satelit.

Revisi dari kedua aturan ini diyakini banyak pihak akan mengubah lanskap

dari industri telekomunikasi karena munculnya model bisnis Mobile Virtual Network Operator (MVNO) dan berbagi jaringan aktif (Network Sharing).

Dalam praktik di dunia internasional, Active network sharing adalah mekanisme penggunaan bersama infrastruktur aktif telekomunikasi antar operator telekomunikasi.

Ada lima model network sharing, yakni CME Sharing, multi operator radio access network (MORAN), multi operator core network (MOCN), Roaming, dan mobile virtual network operator (MVNO).

 

Sumber :

https://zalala.co.id/

This article was written by ebagi