Weaknesses

Weaknesses

Tidak ada satupun perusahaan yang tidak memiliki kelemahan, begitu juga Group Bakrie. yang harus dilakukan adalah menjadikan  kekurangan-kekurangan yang selama ini ada di Group Bakrie menjadi kekuatan, dan ini adalah salah satu langkah cerdas yang harus diambil sebagai seorang CEO.  Kemudian bagaimana   memperbaikinya, terutama menanggapi isu-isu negative yang selama ini melingkupi Group Bakrie?

  1. Banyak isu negatif yang muncul di masyarakat mengenai masalah-masalah anak perusahanan Group Bakrie yang tidak mengutamakan kepentingan masyarakat, misalnya kasus Lapindo. Salah satu strategi meredam isu itu adalah dengan meningkatkan aktivitas yang berhubungan dengan social responsibility di setiap lokasi perusahaan Bakrie & Brothers, sehingga masyarakat sekitar akan merasa bahwa Bakrie & Brothers banyak memperhatikan kepentingan mereka, bukankah dukungn masyarakat juga penting juka kita ingin membangun bisnis dan memanfaatkan aset yang berada diantara mereka.
  2. Banyak Isu yang di sangkut pautkan antara bisnis Group Bakrie dengan politik karena bapak Abu Rizal Bakrie menjadi Ketua Partai Golkar. Politik, bisa menjadi blunder tersendiri dengan bisnis ketika kondisi politik atau partai yang diikuti terlibat masalah, atau bahkan jika hanya  anggota yang lain saja sekalipun yang terlibat masalah. Akan lebih baik jika kita meilhat dari segi bisnis, dalam hal ini mendahulukan kepentingan bisnis ketimbang politik. Fokus pada dunia bisnis akan memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan korporasi, dan bisnis akan terus berinovasi ketika owner dan SDM-nya fokus pada pengembangan produk dan fokus pada target bisnis. Lihatlah pebisnis dunia yang melegenda seperti perusahaan -perusahaan Coca cola, Virgin Toyota, Honda, Apple, Mercedes dan lainnya. Mereka fokus pada produk dan inovasi, dan bukan pada politik.
  1. Opportunities

Kesempatan  Bakrie & Brothers sangat terbuka dalam rangka munuju korporasi berkelas dunia, diantaranya dengan melihat potensi yang dimiliki perusahaan-perusahaan yang menguasai sebagian besar sector strategis.

Bumi resources, Bakrie Metal Industries, dan Energi Mega Pesada yang bergerak di bidang pertambangan, perminyakan dan gas berkesempatan mengembangkan menjadi perusahaan Energi berkelas dunia, dengan belajar dari Negara-negara maju dan memanfaatkan keyaan alam Indonesia. Sektor ini harus benar-benar dimanfaatkan dan perusahaan ini berkesempatan menjadi Driven Force bagi perkembangan dunia migas Indonesia.

Recent Posts

This article was written by ebagi