TUJUAN DAN MANFAAT PEMASARAN GLOBAL

TUJUAN DAN MANFAAT PEMASARAN GLOBAL

     Tujuan utama pemasaran global adalah untuk :
1. Meningkatkan potensi laba
2. Meningkatkan pertumbuhan terhadap barang
3. Menjaga kelangsungan hidup para pelaku usaha dari ancaman pesaing potensial yang berasal dari berbagai penjuru dunia
Adapun beberapa manfaat yang di dapatkan perusahaan dalam pemasaran global adalah sebagai berikut :
1. Penghemat biaya produksi
Dalam dunia pemasaran secara global, perusahaan bisa menghemat biaya produksi seperti :
– Keleluasaan pemindahan produksi dari satu tempat ke tempat yang lain, sehingga pengeluaran biaya menjadi lebih murah, seperti Yamaha ( Asia : Thailand, Indonesia ).
– Dalam model produksi yang beraneka ragam bisa digabungkan menjadi beberapa model saja secara global sehingga akan menghemat biaya produksinya.2. Tingkat kualitas produk semakin baik dan tinggi
Sesuai dengan tingkat kebutuhan pangsa pasar, maka competitor akan semakin banyak bermunculan di pasar global. Jadi, untuk bisa sukses dan lebih unggul dari para pesaing maka mau tidak mau kualitas produksi harus ditingkatkan sehingga bisa terciptanya jumlah peminatnya.

3. Preferensi bagi konsumen semakin meningkat

Dengan adanya ketersediaan global, service global, dan pengenalan global maka preferensi konsumen akan semakin meningkat pula. Contohnya seperti berbagai merk dan jenis soft drink dan fast food yang beredar di pasaran saat ini.

4. Peningkatan teknik pemasaran dalam menghadapi competitor
Semakin besar pangsa pasar, maka semakin tinggi pula tingkat persaingannya dalam pasar dunia. Jadi, untuk mempertahankan usaha masing-masing sebagai pengusaha butuh teknik pemasaran yang lebih mantap dari sebelumnya.
3. STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL
1. Melakukan Ekspor Impor
2. Membuka kantor perwakilan atau cabang
3. Mengeluarkan lisensi asing/kontrak manufaktur dan alih teknologi
Perusahaan pemberi lisensi membuat persetujuan dengan menerima lisensi bahwa lisensi memperoleh hak untuk menggunakan proses atau teknologi produksi merk dagang paten dan sebagainya, dengan membayar fee atau royalti kepada lisensor. Lisensor dalam hal ini memperoleh manfaat yaitu dapat memasuki pasar asing dengan risiko rendah, contohnya Disneyland mengeluarkan lisensi untuk memproduksi dan memasarkan produknya seperti Donald Duck, Mickeymouse dan lain-lain.
4. Melakukan Franchising
5. Membuka usaha patungan atau Joint Venture
6. Melakukan akuisisi perusahaan lain
Akuisisi adalah pengambilan kepemilikan atau pengendalian atas saham atau aset suatu perusahaan oleh perusahaan lain dan dalam peristiwa ini baik perusahaan pengambil alih atau yang diambil alih
tetap eksis sebagai badan hukum yang terpisah.Sumber :https://superforex.co.id/bos-microsoft-sambangi-kantor-pusat-xiaomi-di-beijing/

This article was written by ebagi