Surat Cinta Buat Suara

Table of Contents

Surat Cinta Buat Suara

Surat Cinta Buat Suara
Surat Cinta Buat Suara

Tulisan ini didorong oleh keinginan saya agar suara.com menjadi salah satu situs berita terpercaya dan berkualitas di Indonesia. Kali ini akan menyoroti tiga kanal yang saya sukai pada suara.com, yaitu kanal News, Bola dan Tekno. Kanal pertama adalah News. Banyak artikel tentang politik dan kampanye yang saya temukan di sini. Saya senang karena saya suka politik. Akan tetapi saya pikir akan lebih baik jika dibuat kanal khusus politik karena tidak semua pembaca menyukai berita politik. Hal ini akan memudahkan pembaca.Ketika menelusuri artikel-artikel pada kaegori News, ada hal yang sangat mengganjal saya, yaitu sebagian besar artikel yang ditulis merupakan hasil olahan dari situs berita dalam negeri lainnya seperti Antara atau hasil terjemahan dari situs berita asing seperti Reuters, Telegraph, Guardian, Dailymail, dan sebagainya. Originalitasnya saya nilai kurang. Ini akan mempengaruhi posisi suara.com di mesin pencarian.

Saya coba menelusuri lewat mesin pencari dengan memasukkan kata kunci dari salah satu artikel di suara.com yang merupakan penulisan ulang artikel dari situs A. Hasilnya adalah ada beberapa situs lain yang juga menayangkan berita yang sama (misalkan situs B, C, dan seterusnya) walaupun sudah ada perubahan di beberapa bagiannya (ditulis kembali). Mesin pencarian menampilkan situs B pada urutan atas di halaman pertama hasil pencarian diikuti situs C, D dan seterusnya.Masalah daur ulang artikel ini , sangat bergantung pada sasaran pembaca suara.com. Jika sasarannya adalah pembaca yang tidak terlalu bisa bahasa Inggris, maka apa yang dilakukan sudah sesuai. Ini sangat membantu sekali. Tapi catatannya adalah artikel tersebut tidak sekedar diterjemahkan, tapi tambahkan pengetahuan atau informasi lain yang manfaat bagi pembaca.

Kanal kedua yang menarik adalah kanal Bola. Saya suka olah raga bola, namun sudah tidak terlalu mengikuti perkembangan persepakbolaan dalam negeri maupun dalam negeri akhir-akhir ini. Setelah berkunjung ke situs suara.com, ternyata saya bisa update pengetahuan dengan cepat dan mudah. Artikel ditulis secara singkat dan padat. Tidak bertele-tele. Artikel-artikel pada kanal ini dikelompokkan secara apik dan baik, sangat memudahkan pembaca.Subkanal dari kanal Bola ini dibagi menjadi bolatainment, klasmen, jadwal, sepakbola dunia, timnas, topskor, dan berdasarkan liga yang sedang berlangsung. Subkanal jadwal sangat membantu pembaca agar tidak terlewatkan jadwal pertandingan klub idolanya, sayangnya tidak dilengkapi stasiun televisi yang menayangkan siaran langsung maupun siaran ulang pertandingan-pertandingan tersebut. Demikian juga dengan subkanal lainnya yang sangat memudahkan pembaca untuk update secara cepat perkembangan terkini dunia persepakbolaan. Pengelompokkan berdasarkan liga memudahkan pembaca untuk mengetahui perkembangan pertandingan pada liga Indonesia, Inggris, Italia dan Spanyol.

Saat berselancara di kanal ini, saya merasa ada yang kurang, yaitu berita tentang worldcup alias piala dunia. Karena saat ini sedang hangat-hangatnya jelang piala dunia, maka semua berita terkait piala dunia menjadi hal yang paling menarik dan paling dicari para pecinta bola. Sinar.com sebaiknya mengikuti keinginan pasar saat ini dengan cara menyediakan kanal khusus piala dunia. Apalagi ke depannya, pada saat berlangsungnya perlehatan piala dunia. Karena orang yang tidak suka bolapun, akan terkena efek piala dunia dan ingin tahu perkembangannya.Kanal yang paling menarik bagi saya selain News di suara.com adalah Tekno.

Di dalam kanal Tckno ada subkanal sains, tekno, gadget, dan internet. Untuk kanal internet, tekno dan gadget, judul yang digunakan sangat membangkitkan rasa penasaran pembaca untuk membaca artikelnya. Untuk sains, judul artikelnya juga menarik-menarik, hanya saja sumber ilmiahnya kurang lengkap. Misalnya pada artikel yang berjudul MakamPra-Dinasti Pertama Mesir Ditemukan. Di sana tidak jelas siapa arkeolog penemu makam tersebut, dari institusi mana, dan beberapa informasi lainnya yang mungkin dibutuhkan pembaca. Di artikel lain, suara.com hanya menuliskan “para akademisi dari Universitas Oxford”, “para peneliti” atau “para penemu”. Sebaiknya disebutkan nama salah seorang penemunya sehingga akan memudahkan dalam melakukan pencarian jika ingin mengetahui lebih dalam tentang penemuan tersebut. Ini penting karena untuk berita sains (ilmiah), sumber atau referensi merupakan hal penting agar kebenaran beritanya bisa dipercaya. Tidak dianggap sebagai berita bohong alias hoax. Tapi hal ini hanya terjadi pada satu atau dua artikel saja. Artikel lainnya dalam kanal sains sudah cukup memberikan sumber ilmiahnya.

Ketika saya coba gunakan situs copyscape untuk mengecek suatu artikel sains suara.com, apakah ada artikel lain dari situs yang menyerupai artikel tersebut. Ternyata ada artikel serupa pada situs X dan Y dengan tingkat kemiripan sekitar 33%. Lalu, saya juga coba gunakan mesin pencarian. Hasilnya adalah situs X tampil pada urutan atas di halaman hasil pencarian. Padahal artikel tersebut ditulis ulang dan diposting lebih dulu oleh suara.com daripada situs X. Jika artikel tersebut asli milik suara.com, maka bisa diklaim hak ciptanya, dan ini bisa meningkatkan rating suara.com.Suara.com bisa mengisi kanal sains dengan membuat artikel yang bersumber dari jurnal-jurnal hasil penelitian yang bisa didapatkan secara gratis di internet. Suatu tema bisa didukung dengan banyak hasil penelitian psti hasilnya akan sangat unik dan berbeda dengan situs berita lainnya.

Sumber : https://vhost.id/cultist-simulator-apk/

This article was written by ebagi