SOFTWARE AKUNTANSI MYOB

Table of Contents

SOFTWARE AKUNTANSI MYOB

SOFTWARE AKUNTANSI MYOB
SOFTWARE AKUNTANSI MYOB

Tentu kalian para mahasiswa dan mahasiswi fakultas ekonomi sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Software Akuntansi. Ada banyak sekali software akuntansi yang ada selama ini. Berikut merupakan beberapa software  akuntansi yang saya tau dari berbagai sumber:

  1. MYOB
  2. Accurate Accounting
  3. DacEasy Accounting 3.0
  4. Zahir Accounting
  5.  Accounting Package (Accpac)
  6. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)
  7. Audit Command Language

Dari ketujuh software tersebut, saya akan menjelaskan tentang Software Akuntansi MYOB, karena software ini pernah saya pelajari ketika semester 2 di Universitas Gunadarma. Dan saat ini saya menjadi asisten Lab Akuntansi Menengah yang menangani tentang Software Akuntansi MYOB. Jadi mari kita bahas Software Akuntansi MYOB.

Karena disini sedang membahas mengenai software, maka Software Akuntansi MYOB (Mind Your Own Business) merupakan software yang disediakan untuk mempermudah seseorang dalam proses pelaporan keuangan. Awalnya MYOB (Mind Your Own Business) dibuat dan didirikan kali pertama tahun 1991 di Australia, lalu dikembangkan ke negara lainnya seperti di New Zealand, Malaysia, Singapore, Hongkong, China, Amerika, Kanada dan Eropa. Indonesia masuk di wilayah Asia bersama Singapore dan Malaysia. Untuk distribusi produk MYOB legal di Indonesia, MYOB Asia telah menunjuk PT. PrimaTeknika InterMulia sebagai MYOB Authorised Distributor, Authorised Training Center, MYOB Professional Partner dan MYOB Developer Partner.

MYOB memproduksi software accounting bernama MYOB accounting yang merupakan program computer akuntansi (accounting software), MYOB dimulai di Australia pada tahun 1991 dan merupakan salah satu perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan kecil-menengah sampai perusahaan menengah-besar akan sistem manajemen bisnis (business management systems) yang powerful, mudah dan terjangkau.

Tahun 1996, MYOB Inc., terus berkembang dan bergerak dibawah payung MYOB Limited. MYOB kemudian mengembangkan 6 cabang untuk meng-cover pemasaran MYOB di seluruh dunia, yaitu MYOB US, Inc., MYOB Canada Inc., MYOB Australia Pty Ltd., MYOB New Zealand, MYOB UK Ltd. dan MYOB Asia, yang saat ini terus berkembang dengan munculnya versi khusus negara lainnya, versi Malaysia adalah yang pertama dia Asia, sebelum munculnya versi Singapura, Hongkong dan Asia-International, dan sekarang telah lebih banyak lagi versi negara yang tersedia.

MYOB Accounting versi 15.0 dan Premier versi 9.0 merupakan program yang sudah di operasionalkan oleh para pengolah data-data keuangan. Dengan adanya MYOB Accounting rilis yang baru versi 17.0 menjadi mempermudah dalam penyajian laporan keuangan, khususnya dalam lingkup Accounting Financial (akuntansi keuangan). Namun untuk pembahasan ini lebih memfokuskan pada MYOB Accounting versi 15.0. Berdasarkan komparatif secara fisik terlihat perbedaan antara MYOB Accounting versi 15.0 dengan versi Premier 9.0.

  • MYOB Accounting versi 15.0 digunakan untuk kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan satu sistem mata uang (single currency). Ex, rupiah. Kegiatan administrasinya pun hanya menggunakan satu komputer saja.
  • MYOB Premier 9.0 digunakan untuk kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan berbagai mata uang (multi currency). Ex, IDR dan U$$. Kegiatan administrasinya biasanya melibatkan banyak komputer yang berhubungan satu sama lain (integrated networking).

Dengan berkembangnya informasi keuangan yang bersifat urgent. Sehingga diperlukan suatu instrument pengolahan data-data keuangan menjadi informasi keuangan yang bersifat final. MYOB sebagai software yang mampu mengolah setiap input data menjadi output informasi secara cepat. Namun perlu diketahui bahwa MYOB dibuat untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan. Menutup kemungkinan bahwa software MYOB bisa dioperasionalisasikan untuk membuat laporan keuangan seperti yang lazim dalam Accounting Based (Akuntansi Dasar).

Sumber : https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/seva-mobil-bekas/

This article was written by ebagi