Resep Dan Cara Membuat Donat

Table of Contents

Resep Dan Cara Membuat Donat

Resep Dan Cara Membuat Donat
Resep Dan Cara Membuat Donat
Resep dan cara membuat donat. Siapa sih yang tidak tau donat. Membuat donat yang lembut dan lezat bukan perkara mudah loh. Terkadang ketika adonanya tidak pas donat bisa menjadi keras ketika di makan.
Donat memiliki dua macam bentuk, yang pertama bentuk bulat dengan bolong ditengahnya, diatas ada yang ditaburi coklat, seres, keju, susu, coklat kacang dan lain-lain. Yang kedua bentuk bulat tanpa ada bolong ditengahnya dengan varian rasa isi didalam donat tersebut seperti coklat, susu, keju, selai stawbery dll.
Nah buat Ibu dirumah, agar sikecil tidak jajan sembarangan, Ibu bisa membuatkan sikecil donat yang tentunya lebih terjaga kualitasnya.
Gimana, mau mencoba membuat donat sendiri? Ok deh yuk kita intip, apa saja resep dan bahan untuk membuat donat yang lezat dan nikmat. Yang Saya share ini resep donat lembut.
Langkah pertama siapkan bahan-bahan.
 
Bahan-bahan:
  • 1/2 tepung terigu
  • 4 sdm gulapasir
  • 3 sdm mentega
  • 11 gram atau 1/2 bungkus ragi instan
  • 200 cc air
  • 3 sdm Susu bubuk
  • 3 sdm susu kental
  • 2 sendok teh garam
  • 2 butir telur
Cara pembuatan donat:
  1. Siapkan wadah kemudian masukan 2 butir telur, kocok hingga berbusa.
  2. Campurkan garam, gula pasir, susu kental dan susu bubuk, tepung terigu, mentega, kemudian aduk hingga rata.
  3. Masukan ragi ke dalam 200cc air aduk aduk agas tercampur, jika sudah masukan ragi kedalam adonan, kemudian uleni adonan sampai kalis, selanjutnya masukan adonan ke dalam wadah tertutup dan diamkan selama 25 menit sampai adonan mengembang.
  4. Setelah didiamkan 25 menit dan adonan sudah mengembang, selanjutnya ambil adonan 1 sendok makan dan bulatkan adonan. agar adonan tidak lengket, masukan adonan yang sudah di buat bulat kedalam tepung. lakukan berulang-ulang hingga adonan habis dan diam kan kembali adonan selama 25 menit.
  5. Setelah 25 menit, tahap selanjutnya panaskan minyak goreng, gunakan api kecil saja. kemudian masukan adonan yang sudah dilumuri tepung kedalam penggorengan, jangan lupa untuk membolongi tengahnya, goreng donat hingga berubah warna menjadi kecoklatan, jika sudah angkat lalu tiriskan, biarkan hingga dingin.
  6. Setelah donat dingin, olesi donat dengan mentega, setelah semua donat diolesi mentega, selanjutnya taburi donat dengan ceres, coklat, keju, strawberry atau rasa sesuai selera.

Sumber : https://www.surveymonkey.com/r/8G73875

This article was written by ebagi