Range Rover Evoque dan Discovery Sport PHEV Sudah Dirilis Land Rover

Range Rover Evoque sempat dirumorkan mendapat jantung penggerak plug-in hybrid (PHEV). Kabar tersebut pun kesudahannya menjadi kenyataan. Bahkan, Land Rover pun menyematkan teknologi sama yang dinamakan P300e ke Discovery Sport. Membuat kedua unit semakin ramah lingkungan, namun tetap menjaga performanya sebagai SUV tangguh asal Inggris.

Land Rover tak memasang mesin pembakar konvensional berspesifikasi besar. Malah unit Ingenium 1,5 liter berkonfigurasi 3-silinder dan disokong turbocharger. Tenaga yang didapatkan tetap mantap, menjangkau 199,7 PS. Lalu dipadukan motor elektrik 108,4 PS di gardan belakang yang ditenagai baterai lithium-ion 15 kWh. Sumber daya ditenggelamkan di bawah jok belakang dan dibentengi panel baja 6 mm. Total output dua-duanya ketika bekerja berbarengan sebesar 308,2 PS dengan torsi 540 Nm.

Hasilnya, Evoque P300e dapat melesat dari posisi nol ke 100 kpj dalam 6,4 detik. Berdasar pengukuran standar WLTP Eropa, model ini bisa melaju sejauh 66 km gunakan energi listrik saja. Kadar emisinya juga minim, 32 gr/km. Sementara Discovery Sport melaju 0-100 kpj lebih lambat 0,2 detik, lantaran bobotnya. Pemakaian energi listrik independen sanggup mengembara sejauh 62 km dengan emisi CO2 36 gram/km. Walau begitu, dua-duanya dapat dipacu sampai kecepatan 135 kpj (pakai motor listrik saja).

Tersedia tiga mode berkendara: Hybrid, EV dan Save. Hybrid adalahmode standar yang aktif langsung. Mesin bakar dan motor bekerja bersamaan. Kemudian EV lebih memusatkan pada motor elektrik di gardan belakang. Sementara Save mengandalkan mesin dan kinerja regenerative brake untuk memenuhi baterai.

Soal pengisian daya, bila memilih charger umum DC 32kW, posisi kosong hingga 80 persen perlu 30 menit. Penggunaan setrum lokasi tinggal AC 7kW selama 84 menit. Dan versi standar 220 volt menjangkau 7 jam. Posisi colokan terdapat di sisi bertentangan dari lubang tangki bahan bakar. Perangkat kabel converter sistem 12 volt dan on-board charger 7kW bisa ditemukan di bawah jok depan. Sementara tangki bensin tetap besar, volumenya 57 liter.

Model ini tetap dilengkapi pelbagai fitur. Termasuk Aplikasi InControl Remote. Pengguna bisa memonitor sistem dan menggiatkan mobil lewat smartphone. Kedua model telah tersedia di Inggris, tapi ekspedisi unit diduga diinisiasi pada kuartal tiga tahun ini. Akibat penghentian sedangkan pabrik dampak pandemi COVID-19.

Evoque P300e PHEV mempunyai trim S, SE dan HSE sebagai standar, serta versi R-Dynamic. Harganya mulai £43,850 atau Rp 840 jutaan. Sedangkan Discovery Sport P300e pun disuguhkan dalam S, SE dan HSE. Namun, ketiganya dibungkus dalam sentuhan R-Dynamic. Banderolnya mulai £45,370 atau Rp 869 jutaan.

Sumber: https://csgrid.org/csg/team_display.php?teamid=426763

This article was written by ebagi