PERANAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA

  1. PERANAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA

Hubungan perdagangan yang dibina antara satu negara dan negara lainnya akan menimbulkan manfaat secara ekonomi maupun nonekonomi, baik yang berdampak positif maupun negatif bagi suatu negara.

  1. a)Pengaruh Ekonomis
  2. Pengaruh Ekonomis pada Kegiatan Konsumsi

Pengaruh ekonomis perdagangan internasional pada kegiatan konsumsi, antara lain berupa semakin banyaknya jumlah serta pilihan barang yang dapat dikonsumsi.  Dengan adanya perdagangan internasional, barang yang tersedia dipasar bukan hanya berasal dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri.  Kita jadi memiliki lebih banyak pilihan barang yang akan kita konsumsi.  Meskipun uang yang kita miliki sama, namun pilihan barang yang dapat kita beli dengan uang tersebut akan tersedia lebih banyak.

  1. Pengaruh Ekonomis pada Kegiatan Produksi

Perdagangan internasional memberikan pengaruh yang besar pada kegiatan produksi.  Sebelumnya sudah dibahas bahwa perdagangan internasional akan mendorong setiap negara melakukan spesialisasi sesuai dengan keunggulan yang dimilikinya.  Spesialisasi yang didasarkan pada keunggulan, akan membuat suatu negara berusaha memproduksi dalam kualitas yang lebih baik serta jumlah yang lebih banyak.  Spesialisasi juga akan mendorong peningkatan produktivitas atau keahlian pekerja.  Semakin spesialis produksi suatu negara maka semakin tinggi kualitas dan produktivitasnya.

  1. b)Pengaruh Nonekonomis

Selain pengaruh langsung yang bersifat ekonomis, perdagangan internasional juga membawa pengaruh yang tidak langsung dan bersifat nonekonomis.  Pengaruh nonekonomis perdagangan internasional meliputi aspek budaya, aspek pendidikan, aspek politik, dan aspek militer.

Perdagangan internasional dapat membuka hubungan budaya antarnegara yang melakukan perdagangan, misalnya dengan mengadakan pertukaran seni budaya antarnegara.

Dalam aspek pendidikan, perdagangan internasional dapat meningkatkan hubungan kedua negara dengan cara mengadakan pertukaran pelajar antarnegara, memberikan beasiswa untuk belajar di suatu negara, atau memberikan bantuan untuk membangun sekolah-sekolah di negara yang kurang mampu.

Aspek politik dari perdagangan internasional adalah meningkatnya jalinan kerja sama antarnegara yang berdagang.

Perdagangan internasional dapat menjadi pintu pembuka untuk kerja sama antarnegara dalam bidang militer, misalnya untuk mengawasi penyelundupan barang-barang terlarang dan pembajakan yang dapat merugikan kedua belah pihak.

 

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

Perdagangan internasional adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa yang dilakukan antara individu dengan individu, individu dengan pemerintah, atau pemerintah dengan pemerintah dari suatu negara yang lain dipasar dunia atau global dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan mencari keuntungan. Sedangkan Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu.

(Salvatore (2004)  menyatakan bahwa perdagangan dapat menjadi mesin bagi pertumbuhan ( trade as engine of growth). Jika aktifitas perdagangan internasional adalah ekspor dan impor, maka salah satu dari komponen tersebut atau kedua-duanya dapat menjadi motor penggerak bagi pertumbuhan. Perdagangan internasional dan pertumbuhan ekonomi adalah dua konsep yang pergi bersama-sama, karena perdagangan internasional berkontribusi pada pertumbuhan negara, perekonomian dalam beberapa cara. Beberapa cara ini mencakup dampak impor dan ekspor, produktivitas spesialisasi, peningkatan dan peningkatan infrastruktur.

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. Boediono. 1981.Ekonomi Internasional. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta

Stdln. 2010. Perdagangan Internasional. Diakses dari http://stdln.blogspot.co.id/2010/07/perdagangan-internasional-dan_29.html pada 19 Oktober 2017 pukul 13.30 WIB

Bening, Alliya. 2016. Perdagangan Internasinal dalam Perekonomian Indonesia. Diakses dari https://alliyabenings.wordpress.com/2016/06/19/peran-perdagangan-internasional-dalam-perekonomian-indonesia/ pada 19 Oktober 2017 pukul 13.30 WIB.

Nopirin, Ph.D. 2016. Ekonomi Internasional. Edisi Ketiga. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta

Komentar

  1. Unknown1 Juni 2018 12.33
  2. LEGENDAQQ.NET
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. 🙂 1 ID Untuk 8 Games :
    – Domino99
    – BandarQ
    – Poker
    – AduQ
    – Capsa Susun
    – Bandar Poker
    – Sakong Online
    – Bandar 66Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    – Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    – Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    – Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    – Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    – Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    – Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    – Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    – Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    – LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.

 

This article was written by ebagi