PERANAN MYOB

Table of Contents

PERANAN MYOB

PERANAN MYOB
PERANAN MYOB

A. Kegunaan MYOB dalam kegiatan administrasi perusahaan

Alat bantu bagi akuntan untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi
Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
Membantu kita dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables), pajak (GST), invoice dan banyak lagi. Semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja.
Mengelola barang dagangan
Untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan,dll.
B. Peranan MYOB dalam siklus akuntansi perusahaan jasa

Sebagai alat komunikasi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam proses implimentasi dalam pengoperasian MYOB
Sebagai alat untuk mempermudah kita untuk mencatat transaksi dalam perusahaan jasa

REPORT THIS AD

C. Fungsi dan fasilitas MYOB

Dalam aplikasinya (Applied) MYOB mempunyai berbagai fungsi dan fasilitas-fasilitas (fitur). Seperti dalam baris menu yang terdiri dari delapan kelompok menu pilihan untuk mengakses perintah, sub menu dan kotak dialog diantaranya:

File
Edit
Lists
Command Centres
Setup
Reports
Window
Help
Sedangkan pada Modul Command Centre terdiri dari delapan modul, yang merupakan pembagian dari kegiatan akuntansi, meliputi:

Accounts
Banking
Sales
Time Billing
Purchases
Payroll
Inventory
Card File
Dalam pengelompokan akun, MYOB sedikit berbeda dengan teori akuntansi. Hal ini untuk efisiensi dan kemudahan penggunaan saja. Akun (Accounts) dalam MYOB terdiri dari 5 digit (X.XXXX) dan untuk tipe Akun (Account Type) MYOB membagi 8 kelompok akun, yaitu:

Assets (kelompok aktiva)
Liability (kelompok kewajiban)
Equity (kelompok ekuitas)
Income (kelompok Penghasilan/Penjualan)
Cost Of Sales (kelompok harga pokok penjualan)
Expense (kelompok beban)
Other Income (kelompok penghasilan lain-lain)
Other Expense (kelompok beban lain-lain)

REPORT THIS AD

Dalam hal penentuan tipe header dan detail, header digunakan untuk setiap akun yang masih memiliki akun anak, biasanya untuk jenis akun kelompok, sedangkan Detail digunakan untuk setiap akun yang tidak memiliki akun anak lagi, biasanya untuk akun subkelompok. Dalam hal ini setiap akun detail harus disesuaikan (mengatur level akun) berdasarkan header masing-masing kelompok.

Dalam tahapan pembuatan data baru, setiap user (pengguna) dihadapkan pada tiga pilihan pada bagian Accounts List:

I would like to start with one of the lists provided by MYOB Accounting (menggunakan akun-akun yang sudah disediakan oleh MYOB)
I Would like to import a list of accounts provided by my accountant after I’m done creating my company file (menggunakan akun-akun yang sebelumnya di buat di Ms. Excel untuk kemudian di import dalam MYOB system)
I would like to build by my own accounts list once I begin using MYOB (menggunakan sebagian dari akun MYOB dan selanjutnya membuat akun-akun sendiri-sesuai dengan kebutuhan recording).
Ketika dalam kondisi memilih import maka user tersebut diharuskan mengimport akun-akun yang sudah di format dalam bentuk Text (Tab delimited), misalnya di Ms. Excel. Begitu pula pada saat penggunaan linked accounts (akun yang terhubung dengan akun lain): Pada posisi Accounts & Banking Accounts (akun buku besar dan bank), Sales Linked Accounts (akun-akun yang terkait dalam penjualan), Purchases Linked Accounts (akun-akun yang terkait dalam transaksi pembelian), Payroll Linked Accounts (berkaitan dengan penggajian). Untuk mengisi daftar relasi menggunakan Card File, yang terdiri dari bagian Customer (pelanggan), Supplier (pemasok), Employee (karyawan), dan Personal (individu)

Bukti Transaksi & Entri Data menggunakan modul Banking, khusus mencatat transaksi penerimaan dan pengeluaran kas bank. Dalam tahapan penginputan setiap bukti transaksi keuangan perlu diklasifikasikan terlebih dahulu. Berdasarkan sistem dan prosedur penerimaan kas (receive money) berbeda dengan berdasrkan sistem dan prosedur pengeluaran kas (spend money). Bukti transaksi pada hakekatnya sebagai dasar dalam pengolahan untuk dijadikan informasi keuangan. Ketika terjadi suatu pengeluaran tanpa dilandasi dengan adanya bukti pengeluaran maka bisa terjadi kesalahan interpretasi. Bukti transaksi juga sebagai catatan historis yang menunjukan spesifikasi kegiatan beserta jumlah nominal yang tertera.

MYOB Accounting Software memudahkan anda dalam mendesign accounting process sesuai dengan kehendak anda sehingga lebih mudah digunakan ketika mencari informasi tentang bisnis anda. Dengan MYOB Accounting’s powerful inventory management system, anda akan dapat dengan mudah mengetahui secara tepat jumlah stock jumlah pemesanan dan berapa yang sudah komit (committed).

MYOB Accounting Software dapat melakukan analisa atas bisnis anda dengan lebih dari 160 cara,sehingga banyak orang yang menggunakan software ini. Adapun kemudahan yang ditawarkan oleh MYOB Accounting Software, diantaranya:

Lebih dari 160 laporan dan chart bisa dibuat dengan MYOB ini.
Mengetahui Nilai Profit & Loss dan Balance Sheet terbaru
Membuat laporan yang menyeluruh kemudian bisa dirubah menjadi Microsoft Excel file untuk melakukan analisa lebih dalam
Dapat diekspor ke Email atau save semua laporan ke disk untuk accountant anda
Adanya menu Company Data Auditor untuk mendeteksi kesalahan umum dalam proses dan untuk memastikan integrasi informasi pada bisnis anda,dll

Sumber : https://student.blog.dinus.ac.id/blogtekno/seva-mobil-bekas/

This article was written by ebagi