Penulisan Terdahulu

Table of Contents

Penulisan Terdahulu

Penulisan Terdahulu
Penulisan Terdahulu

 Dalam subab ini akan di uraikan tentang beberapa penelitian terdahulu, mengenai pengungkapan atas laporan tahunan. Dimana hasilnya menunjukkan belum konsisten. Wujud belum ada konsistensi itu masih memungkinkan pembuktian lebih lanjut lewat peneltian berikutnya. Berikut penelitian terdahulu:

            Dalam jurnal yang berjudul Analisis Faktor Yang mempengaruhi Audit Delay Pada Perusahaan Food and Bevergades tercatat di BEI 2009-2011 oleh Mantik dan Sujana. Penelitian ini dilakukan dengan sampel penelitian perusahaan food and beverages yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009-2011 terhadap 12 sampel perusahaan. Penelitian ini menggunakan variabel independen ukuran perusahaan, solvabilitas dan reputasi auditor. Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Menunjukkan bahwa secara signifikan ukuran perusahaan tidak mempunyai pengaruh terhadap audit delay, solvabilitas mempunyai pengaruh terhadap audit delay, reputasi auditor mempunyai pengaruh terhadap audit delay, serta ukuran perusahaan, solvabilitas, dan reputasi auditor mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap audit delay.

            Penelitian yang dilakukan oleh Kartika (2009) yang menyimpulkan, penelitian ini fokus pada perusahaan yang terdaftar di LQ 45. Data yang di pakai data sekunder. Guna membuktikan hipotesisi, dilakukan pengujian regresi berganda yang diawali uji asumsi klasik. Total asset, laba rugi mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap audit delay. Opini dari auditor punya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap audit delay. Faktor profit dan reputasi auditor tidak mempunyai pengaruh terhadap audit delay. Dan secara bersama-sama seluruh variabel berpengaruh.

            Dalam jurnal yang disusun oleh Saputri dan Yuyeta (2011), hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa seluruh variabel independen secara serempak mempunyai pengaruh signifikan terhadap audit delay. Namun, berdasarkan hasil pengujian secara parsial, reputasi KAP memiliki pengaruh negatif terhadap audit delay, sedangkan laba/rugi, opini auditor dan kompleksitas operasi perusahaan memliki pengaruh positif signifikan terhadap audit delay. Dan selanjutnya untuk variabel ukuran perusahaan, dan jenis industri tidak berpengaruh terhadap audit delay.

            Berikutnya, dalam jurnal yang berjudul “PENGARUH LEVERAGE, SUBSIDIARIESDAN AUDIT COMPLEXITY TERHADAP AUDIT DELAY” oleh Bustamam dan Kamal (2010) diperoleh nilai koefisien korelasi antara variabel independen dan dependen mempunyai hubungan yang lemah. Berdasarkan uji F membuktikan bahwa faktor-faktor audit delayberpengaruh secara signifikan. Sedangkan pada Uji-t, subsidiaries dan audit kompleksitas tidak berpengaruh terhadap audit delay, serta leverage berpengaruh signifikan.

Baca Juga :

This article was written by ebagi