Pengukuran Inflasi

Table of Contents

Pengukuran Inflasi

Pengukuran Inflasi
Pengukuran Inflasi

Ada beberapa indikator ekonomi yang digunakan untuk mengetahui laju inflasi selama periode tertentu, yaitu sebagai berikut.

a. Indeks Harga Konsumen (Consumer Price Index atau CPI)
Indek Harga Konsumen (IHK) adalah indeks harga yang mengukur biaya sekelompok barang dan jasa di pasar termasuk harga-harga makanan, pakaian, perumahan, transportasi, perawatan, kesehatan, pendidikan, dan komoditi lain yang dibeli untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Berdasarkan indeks harga konsumen dapat dihitung berapa besarnya kenaikan harga-harga secara umum dalam periode tertentu (1 bulan, 3 bulan, atau 1 tahun).

b. Indeks Harga Produsen (Producer price Index atau PPI)
Indeks Harga Produsen adalah suatu indek dari harga-harga bahan baku (raw materials), produk antara (intermediate products), dan peralatan modal mesin yang dibeli oleh sektor bisnis atau perusahaan. Jadi, PPI hanya mencakup bahan baku, dan barang antara, atau setengah jadi saja. Sementara barang-barang jadi tidak dimasukan ke dalam perhitungan.

Indeks harga produsen ini digunakan untuk melihat laju inflasi, tetapi untuk memperoleh perhitungannya harus melihat data indeks harga perdagangan besar dari sejumlah komoditas tertentu yang diperdagangkan di suatu negara atau daerah.

c. GNP Deflator
GNP deflator adalah suatu indeks yang merupakan perbandingan atau rasio antara GNP nominal dan GNP riil dikalikan dengan 100. GNP riil adalah nilai barang-barang dan jasa-jasa yang dihasilkan di dalam perekonomian yang diperoleh ketika output dinilai dengan menggunakan harga tahun dasar (base year). Oleh karena itu, GNP riil sering disebut juga dengan GNP berdasarkan tahun dasar (GNP at base year price). Adapun GNP nominal adalah GNP yang dihitung berdasarkan harga pasar yang berlaku (GNP at a current market prices). jadi, GNP deflator merupakan suatu ukuran tentang tingkat harga. Karena GNP deflator cakupannya lebih luas dalam arti perhitungannya meliputi semua barang yang diproduksi dalam perekonomian maka indeks ini merupakan indeks harga yang secara luas digunakan untuk mengukur inflasi. GNP deflator atau indeks harga implisit digunakan untuk melihat inflasi dari sisi perekonomian secara keseluruhan.

Sumber : https://galleta.co.id/

This article was written by ebagi