Pengertian modal

Table of Contents

Pengertian modal

Pengertian modal
Pengertian modal

Modal adalah suatu tipe barang yang dapat dikonsumsi sekarang, tapi jika konsumsi ditunda peningkatan penawaran dari barang konsumsi cenderung akan tersedia kemudian. Adam Smith mendefinisikan modal sebagai “Bagian dari saham seseorang yang dia perkirakan akan memberi dia penerimaan adalah disebut modal”. Modal (capital) adalah berasal dari kata Latin “caput” yang berarti kepala, seperti “kepala dari ternak”. Istilah “saham” adalah berasal dari kata bahasa Inggris kuno untuk stump atau tree trunk, misalnya sesuatu yang bertumbuh sejalan waktu. Ia telah digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang berhubungan dengan semua properti yang dapat digerakkan dari pertanian sejak setidaknya tahun 1510. Di Prancis pada masa abad pertengahan, kontrak sewa beli dan pinjaman membawa pembayaran utang pada kepala seekor ternak.

Dalam ilmu ekonomi, barang modal, modal riil, atau modal aset adalah barang tahan lama yang telah diproduksi atau aset non finansial apa saja yang digunakan dalam produksi barang atau jasa. Bagaimana sebuah barang modal dijaga atau dikembalikan kepada status pra produksinya bervariasi dengan tipe dari modal yang dilibatkan. Dalam kebanyakan kasus, modal digantikan setelah periode depresiasi karena bentuk modal yang terbaru membuat penggunaan secara berkelanjutan dari modal sebelumnya menjadi tidak menguntungkan. Juga dimungkinkan bahwa peningkatan membuat modal yang telah tak terpakai lagi menjadi praktikal kembali.

Modal adalah berbeda dari tanah atau lahan (atau sumber daya yang tidak dapat diperbarui) bahwa modal dapat ditingkatkan oleh tenaga kerja manusia. Pada suatu masa tertentu, total modal fisik dapat ditujukan kepada modal saham (yang mana jangan dibingungkan dengan modal saham dari entitas bisnis).

Dalam arti yang fundamental, modal termasuk kepada hal-hal yang memproduksi apa saja yang dapat meningkatkan kekuatan seseorang untuk menampilkan pekerjaan yang bermanfaat secara ekonomis – sebuah batu atau panah adalah modal bagi manusia gua yang dapat menggunakannya sebagai alat berburu, dan jalan merupakan modal bagi para penduduk di suatu kota. Modal adalah suatu input dalam fungsi produksi. Rumah dan kendaraan pribadi biasanya tidak didefinisikan sebagai modal tapi sebagai barang tahan lama karena mereka tidak dapat digunakan dalam proses produksi dari barang dan jasa yang dapat dijual.

Sumber : https://merkbagus.id/

This article was written by ebagi