Pengertian Ekologi Administrasi Negara

Pengertian Ekologi Administrasi Negara

Ekologi Administrasi merupakan lingkungan yang dipengaruhi dan mempengaruhi administrasi, yakni: Politik, ekonomi, budaya, tekhnologi, security dan natural resource.

Menurut Fred. W. Riggs, Ekologi Administrasi Negara adalah Serangkaian proses yang terorganisir dari suatu aktivitas publik atau kenegaraan yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah publik melalui perbaikan-perbaikan terutama di bidang organisasi, sumber danmanusia dan keuangan.

Pengertian Ekologi Administrasi Negara adalah serangkaian proses yang terorganisir dari suatu aktivitas publik atau kenegaraan yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah publik melalui perbaikan-perbaikan terutama di bidang organisasi, sumberdaya manusia, dan keuangan.

  1. Faktor-Faktor Ekologis Dalam Administrasi Negara Indonesia

Dalam rangka pembinaan Ketahanan Nasional, maka Sondang P. Siagian, MPA. Ph.D, membagi faktor-faktor ekologis sebagai berikut :

  1. Faktor geografis
  2. Faktor penduduk
  3. Faktor kekayaan alam
  4. Faktor ideologi
  5. Faktor politik
  6. Faktor ekonomi
  7. Faktor sosial budaya
  8. 8.      Faktor kekuatan militer

Selain itu, dalam bukunya Prof. Drs. S. Pamudji, MPA. tentang Ekologi Administrasi Negara disebutkan beberapa faktor yang mempengaruhi administrasi negara, yakni sebagai berikut :

  1. Faktor-faktor ekologis yang bersifat ilmiah

Aspek-aspek kehidupan nasional terdiri dari aspek alamiah dan aspek kemasyarakatan, maka faktor-faktor ekologis administrasi Negara Indonesia akan diperinci sejalan dengan aspek-aspek kehidupan nasional tersebut.

  1. Lokasi dan posisi geografi

1)      Pengaruh lokasi dan posisi geografi terhadap administrasi Negara

Untuk melihat pengaruh lokasi dan posisi geografi terhadap administrasi Negara, perlu disebutkan bentuk wujudnya Negara Indonesia terdiri dari kepulauan, letak astronomiknya yang berada di daerah tropik, posisi silang antara 2 benua dan 2 samudra.

2)       Pengaruh administrasi Negara terhadap geografi Indonesia

Sumber :

https://callcenters.id/

 

This article was written by ebagi