Pengertian Demokrasi Pancasila

Pengertian Demokrasi Pancasila

Secara teoritis banyak yang menganggap bahwa demokrasi adalah usaha untuk menghormati hak-hak individu, karena di Negara-negara liberal ataupun komunis disaksikan keruntuhan ketiranian, lalu diusahakanlah pemerintahan rakyat drngan berbagai pola dan model yang berkembang pada masing-masing system politik pemerintahan.

Demos berarti rakyat dan cratein berarti kekuasaan, dengan demikian kekuasaan ada ditangan rakyat,dalam arti kekuasaan untuk, oleh, dan dari rakyat banyak. Lebih diharapkan agar terjadi kebebasan berkarya, kebebasan menampilkan kebolehan dan penemuan ilmiah, kebebasan pers, kebebasan berpendapat, yang pada gilirannya cenderung melupakan dan mengabaikan pertimbangan agama (religious).

Bersamaan dengan munculnya Negara sebagai organisasi terbesar yang relative awet dan kokoh dalam kehidupan bermasyarakat, maka pemerintahan mutlak harus ada untuk membarenginya.Yaitu munculnya keberadaan dua kelompok, yaitu pihak yang memerintah dan pihak yang diperintah.

Demokrasi pancasila berusaha untuk menyeimbangkan apa yang dibicarakan tersebut di muka. Hak-hak individu yang tertera dalam sila keempat “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan” harus diseimbangkan dengan sila ketiga “Persatuan Indonesia” yang memuat peraturan dalam mewujudkan kesatuan.Hal ini karena sila-sila pancasila itu sendiri harus saling kait dan menguatkan.

Uraian tentang topik ini juga ada pengertian harfiah tanpa mengabaikan pengertian umumnya meskipun hingga saat ini belum diperoleh suatu kesepakatan tentang pengertian umum demokrasi pancasila apabila suatu definisi ilmiah. Berikut ini akan di uraikan secara berturut-turut:

  1. Pengertian harfiah

Demokrasi pancasila, sepintas lalu dapat diartikan sebagai “pemerintahan rakyat yang berdasarkan nilai-nilai falsafah pancasila”, atau “ pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat yang dituntun oleh lima prinsip dasar  yaitu sila-sila pancasila”.

Pengertian harfiah tersebut diatas ini adalah pengertian yang tercipta dari perpaduan pengertian kata demokrasi dan pengertian kata pancasila. Dari pengertian tersebut diperoleh gambaran bahwa:

 

Sumber ;

https://rianablog.com/brti-tegaskan-registrasi-kartu-prabayar-cegah-penyalahgunaan/

This article was written by ebagi