Metode Sugestopedia

Metode Sugestopedia

 

Metode Sugestopedia

 

 adalah metode pengajaran yang menggunakan teknik-teknik relaksasi dan konsentrasi untuk merangsang pembelajar agar menggunakan daya pikir bawah sadarnya untuk menambah kemampuannya mengingat lebih banyak kosakata dan struktur (Lazanov dikutip Ghazali, 2010:100). Ciri utama dari pendekatan ini adalah penciptaan suasana pembelajaran yang “sugestif”,merangsang pikiran bawah sadar dengan menggunakan cahaya yang lembut, musik barok, tempat duduk yang nyaman, dan teknik-teknik dramatis yang dilakukan guru untuk menyajikan materi bahasa. Kegiatan pengajaran dengan metode ini terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  1. pertama, siswa membaca materi pelajaran sebelumnya melalui percakapan, permainan atauskit (drama humoris yang pendek).
  2. b.berikutnya, bahan baru disajikan melalui dialog-dialig panjang yang didasarkan pada situasi nyata. Tahap ini diikuti dengan“active concert” dan “passive concert”.
  3. sesi ketiga disebut fase aktivasi (activation phase). Pada tahap ini diberikan   penguatan terhadap materi baru yang sudah dipelajari pada fase kedua.

Agar metode Lozanov dapat dipraktekkan atau diterapkan secara efektif, diperlukan tiga unsur penting (Tarigan, 1986:263), yaitu:

  1. ruang kelas yang menarik atau atraktif (dengan cahaya yang lembut) dan suasana kelas yang menyenagkan;
  1. guru yang berkepribadian dinamis yang mampu memerankan bahan dan memotivasi belajar para siswa; dan
  2. para siswa yang dapat siap-siaga dalam kesantaian (Bancroft 1978:172; Krashen, 1986:143-144).

Kelemahan metode ini antara lain: hanya dapat digunakan bagi kelompok kecil,  menjengkelkan dan menggelisahkan bagi orang-orang yang tidak menyukai Hayden dan penggubah lagu klasik lainnya; biayanya terlalu mahal; belum ada ketentuan dan persiapan bagi tingkat-tingkat menengah dan lanjutan (Steinberg, 1986:193); membuat pemahaman membaca dan menyimak terlalu terbatas; dan bahan masukan secara pedagogis dipersiapkan terlalu bersifat eksklusif (Omagio dikutip Tarigan, 1986:264).

 

Sumber :

https://finbarroreilly.com/google-assistant-hadir-di-feature-phone/

This article was written by ebagi