Mengenal CSS

Table of Contents

Mengenal CSS

Mengenal CSS
Mengenal CSS

CSS (Cascading Style Sheet) secara sederhana adalah sebuah metode yang digunakan untuk mempersingkat penulisan tag HTML seperti font, color, text, tabel menjadi lebih ringkas sehingga tidak terjadi pengulangan penulisan. CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda. CSS sendiri merupakan sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996.
Untuk saat ini terdapat dua versi CSS yaitu CSS1 dan CSS2. CSS 1 dikembangkan berpusat pada formating dokumen HTML, sedangkan CSS 2 dikembangkan untuk bisa memenuhi kebutuhan terhadap format dokumen supaya bisa ditampilkan di printer. Selain itu CSS 2 mendukung penentuan posisi content, downloadable, font, table layout dan media type untuk printer. Kehadiran versi CSS yang kedua diharapkan lebih baik dari versi yang pertama. Browser Netscape versi 4x ke atas dan IE 4x ke atas sudah mendukung CSS1 dengan baik. Saat ini hampir 75% para desainer web menggunakan bantuan CSS baik CSS1 atau CSS2 untuk mempercantik tampilan sebuah website.

Kegunaan CSS

Beberapa kegunaan atau manfaat dengan menggunakan CSS, antara lain :

* Mempersingkat penulisan tag HTML : Kita tidak perlu mendefinisikan setiap tag dengan properti dan nilai yang sama.
* Mempercepat proses rendering atau pembacaan HTML karena tidak terdapat pengulangan penulisan.
* Mudah dan cepat dalam memaintenance : Kalau file CSS yang dibuat secara terpisah maka Anda tidak perlu merombak semua elemen atau properti dalam HTML cukup mengedit file CSS-nya saja.
* CSS bisa melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh HTML, misalnya kita bisa memberikan warna pada input box atau scrollbar yang tentunya tidak bisa dilakukan oleh bahasa HTML

Sumber : https://indianapoliscoltsjerseyspop.com/

This article was written by ebagi