Menempatkan Handler untuk pesan buatan

Menempatkan Handler untuk pesan buatan

Menempatkan Handler untuk pesan buatan
Menempatkan Handler untuk pesan buatan

Anda dapat menempatkan handler untuk pesan buatan script dari obyek target atau dimana saja pada level yang lebih tinggi dari jenjang obyek.Gunakan tip berikut untuk membantu anda menentukan di level mana sebaiknya anda menempatkan handler yang menanggapi pesan tertentu :

  • Letakkan handler untuk pesan buatan pada script obyek target atau mana saja jenjang yang lebih tinggi.sebagai contoh,karena leavePage dikirmkan otomatis ke halaman,jangan menempatkan handler leavepage pada script sebuah tombol
  • Untuk memprogram kelakuan umum dari beberapa obyek , tempatkan pesan pada jenjang yang lebih tinggi.Contohnya,bila handler tersebut mengatur kelakuan dari beberapa obyek yang terletak pada halaman yang sama, letakkan pada script dari halaman tersebut, atau kelompokkan obyek-obyek tersebut,lalu letakkan handler pada script grup. cara ini memungkinkan anda untuk merubah ,menambah atau menghapus komponen-komponen halaman atau grup tanpa merubah masing-masing script obyek.sebagai contoh :

–handler yang menanyakan setiap kali akan berpindah
— ke halaman berikutnya
to handle next
request “lanjutkan proses?” with “ya”or “tidak”
if it is “yes” then
end if
end

  • untuk memprogram kelakuan masing-masing obyek yang berbeda dalam menanggapi pesan yang sama,tempatkan handler pada script obyek.contohnya

— handler pada tombol “maju”
to handle buttonClick
go nexy page
end

— handler pada tombol “mundir”
to handle ButtonClick
go prev page
end

  • untuk menanggapi pesan lebh dari sekali, sehingga anda dapat mendefinisikan kelakuan umum dan khusus sekaligus, letakkan handler pada script obyek lalu teruskan pesan ke jenjang yang lebih tinggi dengan pernyataan forward.

Mengirimkan pesan dari dalam script

Gunakan perintah send atau forwarduntuk mengirimkan pesan walaupun tidak di aktifkan dari event yang biasanya menimbulkan pesan itu sendiri.
dengan mengirimkan pesan dari dalam script , anda dapat :

  • menjalankan handler untuk pesan-pesan buatan.
  • mengeksekusi script dari obyek-obyek yang disembunyikan.
  • menangani pesan lebih dari sekali.
  • mengirimkan menu message tanpa memilih menu item.
  • mengirimkan mouse atau keyboard message pada level author.
  • menirimkan enter/leave event message tanpa benar-benar melakukan navigasi.
  • meringkas handler agar lebih mudah dipelihara.

Gunakan perintah send untuk menjalankan handler dari script obyek yang aktif atau mengirimkan pesan ke obyek lainnya , termasuk obyek yang berada pada jenjang yang lebih rendah atau pada buku yang lain. sebagai contoh, send buttonClickto selection menjalankan setiap handler buttonClick yang terdapat pada masing – masing obyek yang sedang dipilih (selected). sedangkan send buttonclick to this page menjalankan handler buttonClik yang terdapat pada script halaman.Bila anda mengirim pesan pada send, ToolBook akan mengisi nilai properti target menjadi uniqueName obyek yang dikirim pesan tersebut.

Gunakan perintah Forward untuk melewatkan pesan yang aktif ke jenjang yang lebih tinggi. Sebagai contoh,perintah forward pada handler enterbook pada script halaman akan mengirimkan pesan enterbook ke background. Gunakan forward to system untuk melewatkan pesan langsung ke level sistem Toolbook ,meloncati obyek-obyek yang ada pada jenjang obyek. meneruskan pesan tidak merubah properti target.

Mengirimkan nama pesan sebagai variabel.

Anda dapat melewati pesan sebagai variabel.Untuk memaksa Toolbook mengenali bahwa anda ingin mengirimkan isi dari variabel, bukan nama dari variabel, tambahkan tanda kurung pada nama variabel yang berisikan pesan yang akan dikirim.contoh :

ask “pesan apa yang akan dikirm ?”
send (It)

Menggabti atau menonaktifkan pesan Bawaan.

karena pesan bergerak ke atas pada jenjang obyek sebelum mereka mencapai level sistem Toolbook,anda dapat mengganti pesan atau menonaktifkannya (disable) sekaligus. sebagai contoh , anda dapat menangkap pesan keyboard event dengan menuliskan handler untuknya, dan bila anda tidak melewatkan ke jenjang yang lebih tinggi.Toolbook tidak akan pernah menerima pesan ini. sebagai contoh :

  • Anda dapat menangkap pesan author dan menampilkan psan daripada berpindah langsung ke level Author :

to handle author
ask “Masukkan Password:”
if it is “Multimedia”
forward
end if
end author

  • Anda dapat menangkap pesan buttonCkick sehingga pesan tersebut tidak aktif :

to handle buttonClick
end

  • Anda dapat menangkap pesan keyboard event dan menggantikan karakter yang diketikkan, misalnya merubah dari huruf kecil ke huruf besar, sebelum meneruskan pesan:

to handle keyChar, key, isshift, is Ctrl
uppercaseKey uppercase (ansiToChar(key))
key = charToAnsi (uppercaseKey))
forward
end

Memakai parameter bersama pesan

Toolbook mengirimkan pesan bersama parameter yang mengandung informasi tambahan tentang pesan tersebut. Sebagai contoh, ToolBook menyertakan sebuah parameter lokasi penunjuk mouse bersama pesan bawaan buutonClick. Anda dapat menambahkan variabel parameter untuk menampung informasi tambahan inii. Contohnya adalah :

— “lokasi” adalh variabel parameter yang menampung lokasi
— penunjuk mouse.
to handle buuton Click lokasi
request “Anda m,eng-Klik di “&&lokasi
end

Saat anda mengirimkan sautu pesan bawaan atau pesan buatan dngan perintah send, anda dapat mengirim nilai bariabel sebagai parameter untuk pean tersebut. Parameter selalu ditempatkan setelah nama pesan dan bila terdapat lebih dari satu parameter, pisahkandengan koma :

Send bukaFile direktori, namafile

Pemberian nama untuk variabel parameter

Parameter merupakan tempat penampung, jadi tidak masalah nama apa yang diberikan, hanya posisi pada pernyataan to handle saja yang penting. Saat anda membuat variabel parameter, anda dapat memberi nama apa saja selama masih valid. Ia tidak perlu sama dengan nama parameter pada handler yang memanggil, tetapi harus pada posisi yang sama. Kedua pernyattan berikut ini adalah sama :

send bukaFile direktori, namaFile
send bukaFile pathName, fileName

Jangkauan parameter

Suatu parameter dilewatkan secara nilai, artinya ia merupakan salinan dari nilai yang terdapat pada handler yang memanggil. Parameter kemudian maenjadi variabel lokal pada tempat ia kirimkan. Bila anda merubah nilai dari parameter pada handler yang dipanggil, tidak akan mempengaruhi parameter bersangkutan yang terdapat pada handler yang memanggil.

MEndelaksaikan tipe data untuk parameter

Anda dapat menambahkan deklarasi tipe data untuk parameter pada pernyataan to handle. Seperti halnya mendelakrasikan tipe data untuk variabel, hal ini menjadikan parameter menjadi lebih efisien sebab ia hanya memerlukan sedikit memeori dan TollBook dan mengaksesnya lebih cepat. Saat anda mendeklarasikan tipe data untuk variabel, TollBook merubah variabel parameter menjadi tipe data yang sesuai, dan memakai tipe data tersebut sampai ke akhr handler, Sebagai Contoh :

to handle button Click point loc, logival is Shift, logical isCtrl
loc = mousePosition of this window
loc = “abc” — akan menimbulkan kesalahan sebab tipe data salah
end

Sumber : https://anchorstates.net/

This article was written by ebagi