Mendefinisikan properti buatan

Mendefinisikan properti buatan

Mendefinisikan properti buatan
Mendefinisikan properti buatan

Anda dapat membuat suatu properti buatan untuk suatu obyek sehingga dapat memperluas cakupan data yang dikandung oleh suatu obyek. Misalnya, anda dapat menyimpan posisi halaman terakhir yang dikunjungi oloe pemakai aplikasi, sehingga pada saat pemakai terakhir tadi. Properti buatan ini dapat anda pakai sebagai penampung global, mirip sepertti variabel global. Tetapi, tidak seperti variabel global, propeti buatan akan tetap tersipan bersama dengan buku walaupun ditutup dan hanya diasosiasikan kepada suatu obyek.

Membuat properti buatan

Anda membuat properti buatan dengan memakai OpnScript seperti halnya pada properti bawaan. Bila nama properti yang anda buat belum ada, maka Toolbook otomatis membuatnya dan mengisinya dengan nilai yang anda spesifikasikan :

halamanTerakhir of this book = name of this page

Saat anda merujuk suatu properti buatan anda harus selalu menyertakan rujujkan kepada obyek yang memiliki properti tersebut. Bila tidak, ToolBook akan membuat suatu variabel lokal, bukan prperti buatan. Sebagai Contoh :

nama pembuat of this book = “ivan” –membuat properti buatan
namaPembuat = “ivan” –membuat variabel lokal

Mendapatkan nilai properti buatan

Anda mendapatkan nilai suatu properti buatan dengan cara yang sama anda mendapatkan nilai properti bawaan. Pernyataan berikut mengambil nilai properti buatan :

–meletakkan nilai properti pemakai ke variabel It
get namaPembuat Of this book

Menampilkan daftar properti buatan

Anda dapat memperoleh daftar dari properti buatan pada seluruh obyek dengan memakai properti userProperties. Properti yang dibuat lebih akhir akan ditampilkan lebih awal pada daftar. Contoh :

–menampilkan daftar properti buatan pada command window
put userproperties of this book

Menghapus properti buatan

Untuk membuang properti buatan dari daftar userproperties, isikan properti tersebut dengan nilai null. Sebagai contoh :

namaPembuat of this book = null

Membuat properti memakai Script

Anda dapat membuat properti dengan nilai-nilai yang ditentukan berdasarkan suatu handler yang anda buat. Handler ini dipanggil bila anda memakai perintah set atau get, sama seperti bila anda mengatur dan mendapatkan nilai properti bawaan.

Untuk membuat properti memakai scrip, tulislah sebuah handler to set. saat anda memakai perintah set untuk mengisikan nilai suatu properti, Toolbook menentukan apakah properti tersebut properti bawaan atau bukan, Jika ya, Toolbook akan mengisikan nilai yang diberikan kepada properti tersebut. Tetapi, jika properti tersebut bukan properti bawaan, Toolbook akan mengirimkan pesan kepada obyek target dan kemudian menelusuri jenjang obyek atas. Toolbook akan menjalankan handler to set yang sesuai dengan nama properti. Jika tidak terdapat handler yang sesuai, Toolbook akan membuat properti buatan dan mengisikan nilai yang diberikan kepadanya.

Membuat handler so set

Sintaks untuk handler to set adalah :

to set to
… — statement berikutnya di sini
end

Jika anda memanggil handler dengan perintah set, nilai yang anda berikan untuk properti akan dilewatkan ke handler to set sebagai parameter . Sebagai contoh, handler to set berikut mendefinisikan properti yang bernama tekstur untuk mengisi suatu obyek atau background. Nilai yang munkin diisikan adalah bata, ombak, hati, atau kosong. Berdasarkan nilai yang ada berikan untuk properti tekstur, handler to set merubah pola dan warna dari target obyek menjadi sesuai dengan nilai yang baru.

to set tekstur to nNamaTekstur
obyekvalid = “ellipse, rectangle, polygon, pie,” & \
“background , irregularPolygon, roundedRectangle”
if object cf target is not in obyekvalid
break
end if
conditions
when nNamaTekstur is “Bata”
pattern of target = 105
fillColor of target = red
when vNamaTekstur is “Ombak”
pattern of taget = 94
filColor of target = blue
when vNamaTekstur is ” Hati”
pattern of target = 114
fillColor of targer = 300, 50, 100 -merah muda
when vNamaTekstur is “Kosong”
pattern of target = 254
fillColor of target =white
end contions
end tekstur

Sumber : 

This article was written by ebagi