Membangun Karakter Guru

Table of Contents

Membangun Karakter Guru

Membangun Karakter Guru – Guru merupakan aspek penting yang besar pengaruhnya pada sistem dan hasil belajar, bahkan terlalu memilih berhasil-tidaknya peserta didik di dalam belajar. Demikian halnya bersama pengembangan KTSP yang menuntut kegiatan dan kreativitas guru di dalam membentuk kompetensi privat peserta didik. Oleh gara-gara itu, pembelajaran wajib sebanyak barangkali melibatkan peserta didik supaya sanggup berekplorasi untuk membentuk kompetensi bersama menggali berbagai potensi, dan membangun guru supaya mereka sanggup jadi fasilitator dan mitra studi bagi peserta didiknya.

Agar guru sanggup memerankan dirinya sebagai fasilitator pembelajaran, terdapat lebih dari satu hal yang wajib dimengerti peserta didik yaitu kemampuan, potensi, minat, hobi, sikap, kepribadian, kebiasaan, catatan kesehatan, latar belakang keluarga, dan kegiatannya di sekolah.

Sehubungan bersama pengambangan KTSP, guru wajib perhatikan perbedaan individual peserta didik, supaya di dalam pembelajaran wajib mengusahakan untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

mengurangi metode ceramah;
memberikan tugas yang tidak serupa bagi setiap peserta didik;
mengelompokan peserta didik berdasarkan kemampuannya serta disesuaikan bersama mata pelajaran;
memodifikasi dan memperkaya bahan pembelajaran;
menghubungi spesialis sekiranya tersedia peserta didik yang mempunyai kelainan;
menggunakan prosedur yang banyak variasi di dalam menyebabkan penilaian dan laporan;
memahami bahwa peserta didik tidak berkembang di dalam kecepatan yang sama;
mengembangkan situasi studi yang memungkinkan setiap anak bekerja bersama kapabilitas masing-masing pada setiap pelajaran; dan
mengusahakan keterlibatan peserta didik di dalam berbagai kegiatan pembelajaran.

Baca Juga :

This article was written by ebagi