Lander terbaru NASA akan pelajari gempa di Mars

Lander terbaru NASA akan pelajari gempa di Mars

Lander terbaru NASA akan pelajari gempa di Mars
Lander terbaru NASA akan pelajari gempa di Mars

Lembaga luar angkasa Pemerintnah Amerika Serikat (NASA) bersiap meluncurkan pesawat antariksa tanpa awak atau lander pertamanya ke Mars sejak 2012, yang disebut InSight, dengan tujuan mendengarkan gempa dan mengungkap misteri bagaimana planet berbatu seperti Bumi terbentuk.

Lander itu dijadwalkan meluncur pada Sabtu pukul 07.05 waktu setempat

(1105 GMT) dari Vandenberg Air Force Base di California, dan jika semuanya lancar, akan mendarat di Mars pada 26 November.

Karena Bumi dan Mars kemungkinan terbentuk dari proses serupa 4,5 miliar tahun lalu, NASA berharap lander tersebut, secara resmi dikenal sebagai Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport (InSight), akan mengungkap apa yang membuat keduanya berbeda.

“Bagaimana kita terbentuk dari sebuah bebatuan tidak berbentuk menjadi satu planet yang mungkin bisa atau tidak mendukung kehidupan merupakan pertanyaan utama dalam ilmu planet,” kata Bruce Banerdt, kepala penyidik InSight di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California.

“Kami ingin mengetahui apa yang terjadi,” ungkapnya.

Di Bumi, proses itu tersembunyi selama miliaran tahun oleh gempa bumi

dan pergerakan batuan cair di mantel bumi, kataya.

Namun, Mars, planet terdekat keempat dari Matahari sekaligus yang lebih kecil dibandingkan Bumi dan tidak terlalu aktif secara geologi itu, mungkin memiliki lebih banyak petunjuk.

Lander itu akan mengumpulkan informasi menggunakan tiga instrumen

, yaitu seismometer buatan Perancis, sebuah alat untuk membantu para ilmuwan di Bumi menjaga lintasan tepat lokasi pendaratan saat Mars berotasi, dan probe yang akan memonitor aliran panas di bawah permukaan planet.

 

Baca Juga :

This article was written by ebagi