Kembangkan Energi Terbarukan, ITS Undang Emil Dardak

Kembangkan Energi Terbarukan, ITS Undang Emil Dardak

Kembangkan Energi Terbarukan, ITS Undang Emil Dardak
Kembangkan Energi Terbarukan, ITS Undang Emil Dardak

Saat ini terlihat jelas berbagai langkah pemerintah yang gencar terhadap pengembangan energi baru

terbarukan di seluruh wilayah Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui Himpunan Mahasiswa Instrumentasi (Himatekins) menggelar Instrumentation Talk Show (Intshow) yang mendatangkan berbagai pakar, salah satunya Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr H Emil Elestianto Dardak MSc, Minggu (24/3/2019).

Selain mendatangkan orang yang berada pada posisi pembuat kebijakan

, Inshow ini juga mendatangkan praktisi dari dunia industri yaitu Direktur Utama PT Gerbang Multindo Nusantara, Chayun Budiono. Dari unsur akademisi yaitu Kepala Pusat Studi Energi ITS, Dr Ir Ali Musyafa MSc juga turut hadir pada diskusi ini.

Berlangsung di Ruang Sidang Utama Rektorat ITS, Emil menyampaikan bahwa sebetulnya Indonesia saat ini memiliki potensi energi baru terbarukan yang sangat besar. Menurut data profil energi terbarukan di Jawa Timur saja yang Emil paparkan, sudah terdapat 24.562 megawatt (MW) listrik hasil dari energi baru terbarukan.

Dari total semua itu, energi surya (matahari) menjadi yang paling banyak

menghasilkan listrik di Jawa Timur. Madura menjadi wilayah yang memiliki potensi paling besar pada energi surya. Selain karena pencahayaan sinar matahari yang bagus, banyak tanah datar yang cukup luas juga mendukung hal itu.

Padahal di negara Indonesia ini, Emil menjelaskan bahwa sebenarnya energi panas bumi menjadi potensi energi baru terbarukan yang terbesar. Pasalnya, Indonesia sendiri sudah dikenal sebagai negara yang menempati area ring of fire (Lingkaran Api).

 

Sumber :

https://www.ram.co.id/

This article was written by ebagi