Keadaan dan kekayaan alam

 Keadaan dan kekayaan alam

1)      Pengaruh keadaan dan kekayaan alam terhadap administrasi Negara

Pengaruh keadaan dan kekayaan alam ini terhadap administrasi Negara nampak pada usaha-usaha untuk memanfaatkan sumber-sumber alam tadi bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

Negara-negara sedang berkembang pada umumya belum mampu menggali sumber-sumber kekayaan alam secara maksimal, oleh karenanya bantuan asing, baik berupa modal maupun tenaga ahli tidak dapat dihindarkan. Demikina pula Indonesia, untuk menggali sumber-sumber minyak di lepas pantai pada akhir-akhir ini diperlukan kerja sama dengan pihak asing.

2)      Pengaruh administrasi Negara terhadap keadaan dan kekayaan alam

Pengaruh administrasi Negara terhadap keadaan dan kekayaan alam sangat terbatas, karena kekayaan alam ini merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa. Pengaruhnya kalau ada, terbatas pada merubah sumber-sumber dari potensi menjadi kemampuan real. Misalnya, air terjun merupakan potensi tenaga diubah untuk benar-benar menjadi tenaga, tanah yang subur diubah menjadi tanaman padi diubah agar benar-benar menghasilkan padi.

  1. Keadaan dan kemampuan penduduk

1)      Pengaruh keadaan dan kemampuan penduduk terhadap administrasi Negara

Dalam melihat pengaruh faktor keadaan dan kemampuan penduduk ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

  1. a)Jumlah Penduduk
  2. b)Distribusi Sosial
  3. c)Komposisi (umur)
  4. d)Penghasilan Penduduk
  5. e)Tingkat Pendidikan
  6. f)Kesehatan Penduduk

2)      Pengaruh administrasi Negara terhadap keadaan dan kemampuan penduduk

Program-program pemerintah yang diimplementasikan oleh administrasi Negara dapat merubah keadaan dan kemampuan penduduk.

  1. a)Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi khususnya Direktorat Jendral Transmigrasi dengan jajarannya dan bekerjasama dengan unsure-unsur administrasi Negara lain misalnya dengan Departemen Dalam Negeri atau Badan Koordinasi Penyelenggaraan Transmigrasi dapat lebih menyeimbangkan penyebaran spasial penduduk.
  2. b)Departemen Kesehatan, dengan program-programnya di bidang kesehatan dapat mempengaruhi keadaan kesehatan penduduk.

Sumber :

https://nomorcallcenter.id/

This article was written by ebagi