Karakteristik dan Tujuan KTSP

Karakteristik dan Tujuan KTSP

Karakteristik dan Tujuan KTSP – Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan bentuk operasional pengembangan kurikulum di dalam konteks desentralisasi pendidikan dan otonomi daerah yang dapat mengimbuhkan wawasan baru terhadap sistem yang tengah berjalan sepanjang ini. Hal berikut diharapkan mampu membawa dampak terhadap peningkatan efisiensi dan efektifitas kinerja sekolah, lebih-lebih di dalam menambah mutu pembelajaran. Salah satu perhatian sekolah wajib ditujukan terhadap asas pemerataan baik di dalam bidang sosial, politik, ekonomi, maupun bidang sosial. Ini disebabkan karena peserta didik datang dari beraneka latar belakang kesukuan dan tingkat sosial. Di segi lain, sekolah wajib juga menambah efisiensi, partisipasi dan mutu, dan juga bertanggungjawab kepada masyarakat dan pemerintah.

Karakteristik KTSP mampu diketahui pada lain dari bagaimana sekolah dan satuan pendidikan mampu mengoptimalkan kinerja, sistem pembelajaran, pengelolaan sumber belajar, profesionalisme tenaga kependidikan, dan juga sistem penilaian. Berdasarkan gambaran di atas, mampu dikemukakan beberapa karakteristik KTSP sebagai berikut:

Pemberian otonomi luas Kepala Sekolah dan satuan pendidikan
Partisipasi masyarakat dan orang tua yang tinggi
Kepemimpinan yang demokratis dan profesional
Tim kerja yang kompak dan transparan

Tujuan KTSP

Secara lazim target diterapkannya KTSP adalah untuk memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui dukungan kewenangan (otonom) kepada lembaga pendidikan dan mendorong sekolah untuk laksanakan pengambilan ketetapan secara partisipatif di dalam pengembangan kurikulum. Sedangkan secara khusus KTSP memiliki tujuan untuk:

Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah di dalam mengembangkan kurikulum, mengelola dan memberdayakan sumberdaya yang tersedia.
Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat di dalam pengembangan kurikulum melalui ketetapan bersama.
Meningkatkan persaingan yang sehat antar satuan pendidikan berkenaan mutu pendidikan yang dapat dicapai.

Sumber : https://tutorialbahasainggris.co.id/motivation-letter-5-cara-dan-contoh-membuat-motivation-letter-bahasa-inggris/

Baca Juga :

This article was written by ebagi