Kadisdik Aceh Terobos Medan Terjal Pedalaman Aceh

Kadisdik Aceh Terobos Medan Terjal Pedalaman Aceh

Kadisdik Aceh Terobos Medan Terjal Pedalaman Aceh
Kadisdik Aceh Terobos Medan Terjal Pedalaman Aceh

Potret pendidikan di pedalaman Aceh perlu mendapat perhatian serius dari berbagai pihak

. Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sekerak, Aceh Tamiang, misalnya.Tidak mudah untuk sampai ke lokasi sekolah yang beroperasi sejak tahun 2016 lalu ini, karena harus melintasi medan terjal yang menantang.

Lokasi SMA Negeri 1 Sekerak di seberang sungai, tepatnya di Gampong Sulum, Kecamatan Sekerak, Aceh Tamiang. Perjalanan yang ditempuh menuju ke sana mengarungi sungai menggunakan sampan warga dari dermaga di gampong Babo, kecamatan Bandar Pusaka. Jarak tempuhnya sekira dua mil dari pendaratan atau setara dengan satu jam perjalanan.

Namun kondisi sulit itu, tak menyurutkan niat Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd

, untuk menuju ke sana. Ia datang bermodal tekad kuat untuk membangun pendidikan ke arah yang lebih baik, apalagi ia juga ingin ikut menyukseskan visi ‘Aceh Carong’ yang digagas Pemerintah Aceh, sebuah visi untuk memajukan pendidikan di Aceh.

Deru mesin menandai sampan siap membelah sungai, mengantarkan lelaki kelahiran Jangka, Bireuen itu menjajaki satu demi satu rintangan menuju ke SMA Negeri 1 Sekerak. Syaridin kala itu tak sendiri. Ia turut didampingi Tenaga Ahli Bidang Pendidikan, Drs.Bakhtiar Ishak, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Teuku Miftahuddin, Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli, S. Pd, M. Pd, Kepala SMA Negeri 2 Banda Aceh, Sarwan Joni, pejabat Dinas Pendidikan Aceh Tamiang, Pengawas, Kepala Sekolah serta para guru.

Ini dilakukan Kepala Dinas Pendidikan Aceh dalam rangka memastikan akses pendidikan di daerah

pedalaman sekaligus memberikan motivasi kepada pendidik dan tenaga kependidikan “betah” di kelas memberikan transfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik di sana.

Perjalanan tidak semulus di harapkan.Mesin sampan yang ditumpangi Kadisdik Aceh dan rombongan beberapa kali sempat mati seketika, setelah kerusakan pada bagian mesin.Beruntung tekhnisi yang juga pengemudi sampan itu sigap memperbaikinya dan mesin sampan tersebut kembali menyala.

Hari sudah menjelang siang, rombongan Kadisdik Aceh akhirnya tiba juga di dermaga Sekerak.Disana, warga, guru dan siswa sudah bersiap dengan sepeda motor untuk mengantarkan Kadisdik Aceh dan rombongan menuju SMA Negeri 1 Sekerak.

 

Sumber :

https://nisachoi.blog.uns.ac.id/sejarah-olah-raga-renang-di-dunia/

This article was written by ebagi