JENIS PARAGRAF INDUKTIF

Table of Contents

JENIS PARAGRAF INDUKTIF

JENIS PARAGRAF INDUKTIF
JENIS PARAGRAF INDUKTIF

• Generalisasi
• Analogi
• Klasifikasi
• Perbandingan
• Sebab akibat

JENIS-JENIS PENALARAN INDUKTIF
Aspek dari penalaran induktif adalah analogi dan generalisasi. Menurut Jacob (dalam Shofiah, 2007 :15), hal ini berdasarkan bahwa penalaran induktif terbagi menjadi dua macam, yaitu analogi dan generalisasi.
PENGERTIAN ANALOGI
Proses penalaran yang bertolak dari dua peristiwa khusus yang mirip satu sama lain dengan cara membandingkan peristiwa yang ada dengan peristiwa sebelumnya, kemudian menyimpulkan bahwa apa yang berlaku untuk satu hal berlaku juga untuk hal lain. Dengan kata lain penalaran analogi dapat diartikan sebagai proses penyimpulan berdasarkan fakta atau kesamaan atau proses membandingkan dari dua peristiwa (hal) yang berlainan berdasarkan kesamaannya kemudian ditariklah kesimpulan dari persamaan tersebut.
1. Analogi mempunyai 4 fungsi, antara lain :
a) Membandingkan beberapa orang yang memiliki sifat kesamaan
b) Meramalkan kesaman
c) Menyingkapkan kekeliruan
d) Klasifikasi
2. Contoh dari Analogi
a) Demikian pula dengan manusia yang tidak berilmu dan tidak berperasaan, ia akan sombong dan garang. Oleh karena itu, kita sebagai manusia apabila diberi kepandaian dan kelebihan, bersikaplah seperti padi yang selalu merunduk.
b) Untuk menjadi seorang penari professional atau ternama dibutuhkan latihan yang rajin dan ulet. Demikiannya dengan seorang atlit untuk dapat menjadi atlit professional dan berprestasi dibutuhkan latihan yang rajin dan ulet. Oleh karena itu untuk menjadi seorang penari maupun seorang atlit diperlukan latihan yang rajin dan ulet..

Sumber : https://vhost.id/

This article was written by ebagi