Jenis Ayam Boiler

Apa itu ayam domba? Ayam broiler merupakan salah satu jenis ayam broiler yang disimpan untuk diambil dagingnya. Keistimewaan ayam ini adalah pertumbuhannya yang cepat. Secara cepat, ayam ini sudah bisa dipanen atau dikonsumsi pada umur 40 hari sejak menetas. Saat ini, banyak ketegangan yang bisa dituai di usia 35 hari.

Ayam broiler dipercaya sebagai hasil pembiakan unggas (Gallus gallus), maka dinamakan Gallus gallus domesticus. Daging ayam broiler memiliki daging yang lebih lembut dan lebih mudah untuk diproses. Namun, jika proses pemasakannya lama, daging akan mudah rusak.

Berbeda dengan ayam broiler, ayam broiler diperbolehkan dan dipelihara oleh industri. Pemuliaan broiler ada dua tingkatan, yaitu tingkat pertama broiler (stok induk) dan anak ayam (Day Old Chicken, DOC). Tahap ini umumnya dilakukan oleh industri besar. Tahap kedua adalah augmentasi, biasanya dilakukan oleh peternak skala kecil hingga menengah.

Pada tahap pertama, keahlian khusus didukung oleh peralatan canggih. Di Indonesia sendiri budidaya ini dilakukan hanya oleh beberapa perusahaan besar seperti Charoen Pokphand, Java Comfeed, CJ Feed dan Sierad. Budidaya ayam broiler di lantai ini bertanggung jawab untuk menjaga dan memilih kualitas tensi. Hasilnya DOC didistribusikan ke petani untuk diadopsi.

Ayam pedaging di Indonesia

Ayam broiler pertama kali ditanam di Indonesia pada tahun 1950-an. Tapi itu dimulai pada 1980-an. Saat itu, permintaan ayam di Indonesia dipenuhi dengan ayam panggang seperti ayam kampung. Namun budidaya ayam kampung belum dapat memenuhi permintaan daging ayam karena produksinya cukup lama, baru bisa dipanen setelah 8 bulan. Meski kini sudah ada juga jenis ayam kampung yang bisa dipanen pada umur 2,5 bulan.

Pertumbuhan yang lambat membuat usaha peternakan ayam kampung menjadi tidak ekonomis. Di sisi lain, konsumen belum bisa menerima tekstur dan rasa ayam broiler. Sejak tahun 1981, pemerintah gencar melakukan promosi ayam broiler. Langkah ini dilakukan untuk mencapai kecukupan kebutuhan protein masyarakat. Dimana daging dari herba mulai langka dan mahal. Padahal pertumbuhan ayam kampung sangat lambat. Seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai bisa menerima ayam broiler karena harganya yang lebih murah.

Saat ini budidaya ayam broiler banyak dilakukan dengan pola usaha kemitraan. Dimana industri besar dilayani mulai dari benih, makanan, obat-obatan, kadang sampai pemasaran. Ketika pemulia mitra fokus pada upaya ekspansi. Skema seperti ini menimbulkan banyak kontroversi karena posisi petani tidak kuat dibandingkan perusahaan.

Jenis ayam broiler strain

Lalu apa saja jenis noda ayam broiler dan terbaik yang ditanam di Indonesia? Perkembangan teknologi potong silang dan genetik untuk menghasilkan galur ayam pedaging sangat dinamis. Kadang-kadang, satu jenis daging babi lebih unggul dari jenis lainnya, tetapi kadang-kadang ketegangan saya lemah.

Seiring waktu, setiap strain meningkatkan kualitas. Jadi, tidak mungkin menggunakan jenis galur tertentu yang lebih unggul dari galur lain. Beberapa jenis galur ayam broiler dibudidayakan di Indonesia.