IDENTIFIKASI AKTIVITAS DAN KLASIFIKASI

IDENTIFIKASI AKTIVITAS DAN KLASIFIKASI

  1. Aktivitas- aktivitas berlevel unit

o   Aktivitas ber level unit ( unit level activities) adalah aktivitas yang dikerjakan setiap kali satu unit produk di produksi. Sebagai contoh tenaga kerja langsung, jam mesin, jam listrik ( energi ) digunakan setiap saat satu unit produk dihasilkan.

o   Bahan baku dan tenaga kerja langsung juga dikelompokkan sebagai aktivitas berlevel unit, namun tidak termasuk ke dalam overhead . biaya yang timbul karena aktivitas berlevel unit dinamakan biaya aktivitas berlevel unit .Biaya aktivitas berlevel unit ( unti level activities cost) adlah biaya yang besar kecilnya dipengaruhi oleh jumlah unit produk yang diproduksi.

o   Contoh : biaya listrik, biaya operasi mesin., biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung ( tetapi biaya bahan baku dan tenaga kerja langsung tidak termasuk overhead)

  1. Aktivitas berlevel batch

o   Aktivitas berlevel batch ( batch level activities) adalah aktivitas yang dikerjakan setiap kali suatu batch produk di produksi, besar kecilnya aktivitas ini dipengaruhi oleh jumlah batch produk yang diproduksi. Contoh aktivitas yang termasuk dalam kelompok ini adalah aktivitas setup, aktivitas penjadwalan produksi, aktivitas pengelolaan bahan ( gerakan bahan dan order pembelian), aktivitas inspeksi. Biaya yang timbul karena aktivitas berlevel batch dinamakan biaya aktivitas berlevel bacth.

o   Biaya aktivitas berlevel batch ( batch level activities cost) adalah biaya yang besar kecilnya dipengaruhi oleh jumlah batch produk yang diproduksi. Biaya ini bervariasi dengan jumlah batch produk yang diproduksi, namun bersifat tetap jika dihubungkan dengan jumlah unit produk yang diproduksi, namun bersifat tetap jika dihubungkan dengan jumlah unit produk yang diproduksi dalam setiap batch.

o   Contoh: biaya aktivitas setup, biaya penjadwalan produksi, biaya pengelolaan bahan ( gerakan bahan dan order pembelian), dan biaya inspeksi.

Recent Posts

This article was written by ebagi