Fungsi Tempat Suci Agama Hindu

Fungsi Tempat Suci Agama Hindu

Fungsi Tempat Suci Agama Hindu

Pura sebagai tempat suci umat Hindu

secara umum dapat difungsikan sebagai sarana memuja Ida Sang Hyang Widhi Wasa beserta manifestasi-Nya, dan juga sebagai tempat untuk memuja roh suci leluhur dengan berbagai macam tingkatannya.

          Sedangkan secara khusus, Pura sebagai tempat suci yang dapat difungsikan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas umat manusia, baik sebagai makhluk individu, maupun sebagai makhluk sosial. Tempat suci merupakan salah satu sarana yang potensial bagi setiap individu umat manusia untuk menggetarkan kekuatan Sang Hyang Atma agar dapat menguasai unsur – unsur diri manusia yang lainnya. Tempat suci yang suci adalah suatu areal yang memiliki unsur – unsur kesucian serta dapat menggetarkan kesucian Sang Hyang Atma yang bersemayam di dalam Padmahrdaya setiap individu. Tempat suci sebagai sarana untuk membangkitkan kekuatan Sang Hyang Atma agar getaran kesucian dari Sang Hyang Parama Atma dapat diterima oleh setiap orang yang mampu menyucikan dirinya.

          Di samping berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas kesucian umat manusia secara individu, Pura juga dapat difungsikan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas kesucian umat manusia sebagai makhluk sosial. Tempat suci berfungsi sebagai sadhana untuk meningkatkan berbagai macam ketrampilan umat manusia. Tempat suci bagi umat Hindu merupakan sarana, guna melangsungkan berbagai macam upacara keagamaan seperti piodalan. Tempat suci selain digunakan sebagai tempat piodalan, juga digunakan sebagai tempat pelaksanaan upacara keagamaan yang lainnya, seperti hari raya Galungan, Kuningan, Siwaratri, Pagerwesi, Saraswati dan yang lainnya.


Sumber: https://ironmanfactory.com/

This article was written by ebagi