Dikpora Maluku Gelar Pelatihan Pendamping Kurikulum 2013

Dikpora Maluku Gelar Pelatihan Pendamping Kurikulum 2013

Dikpora Maluku Gelar Pelatihan Pendamping Kurikulum 2013
Dikpora Maluku Gelar Pelatihan Pendamping Kurikulum 2013

Setiap tahunnya pendidikan selalu menjadi perhatian pemerintah karena

pendidikan merupakan program memanusiakan manusia serta membentuk manusia seutuhnya, jika kita melaksanakannya dengan baik.

Terkait dengan itu Pelatihan Pendamping Kurikulum 2013, untuk guru SD, SMP, SMA dan SMK yang berlangsung di Amans Hotel Senin (2/6), merupakan program nasional yang harus dilaksanakan pada tahun 2014 ini.

Kepala Dinas Dikpora Maluku Drs. Semmy Risambessy, MM didepan 300 peserta

dari 11 kabupaten/ kota se-Maluku, ketika membuka dengan resmi Pelatihan Pendamping Kurikulum 2013 mengungkapkan, Kemendiknas melalui Dinas Dikpora merencanakan dalam tahun 2014 ini semua sekolah di Maluku sudah melaksanakan kurikulum 2013, yang didalamnya Pemerintah Provinsi menyiapkan anggaran untuk kita shering dengan dana ABPN untuk melaksanakan pelatihan pendamping kurikulum 2013 bagi para guru SD, SMP, SMA dan SMK.

Dijelaskan, masih banyak guru yang harus dipersiapkan untuk mengikuti pelatihan

kurikulum 2013 karenanya, para guru yang telah mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat menularkan kurikulum 2013 ini bagi guru dimasing-masing sekolah, melalui dana shering APBD Dinas Dikpora di kabupaten/kota, agar nantinya secara umum semua guru sudah dilatih mengenai kurikulum 2013 minimal satu sekolah 2 orang guru.

Risambessy harapkan, para guru yang mengikuti kegiatan pelatihan kurikulum 2013 ini sekembalinya dimasing-masing sekolah dapat menyampaikan atau dapat membiaskan bagi teman-teman guru yang belum sempat mengikuti kegiatan ini, sehingga semua guru memiliki komitmen dan persepsi yang sama tentang kurikulum 2013 secara baik, termasuk memasyarakatkannya untuk semua komponen pendidikan.

Sementara itu Ketua Panitia pelaksana Pelatihan Pendamping Kurikulum 2013 Carolus Nirahua, S.Pd. .MT melaporkan, kurikulum 2013 adalah seperangkat rencana pembelajaran dengan tujuan, visi dan misi, bahan pelajaran, serta cara menggunakan juga sebagai pedoman dalam kegiatan pelajaran agar tercapai tujuan tertentu.

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman peserta tentang kebijakan pendidikan dasar dan menengah, serta pemahaman tentang kurikulum 2013 tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, serta kebijakan pembinaan implementasinya, termasuk pengembangan dan pelaksanaan muatan lokal.

Peserta yang mengikuti pelatihan pendampingan kurikulum 2013 ini berjumlah 396 orang dari 11 kabupaten/kota se-Maluku.

Mereka terdiri dari guru SD dan SMP masing-masing 110 orang, SMA 100 orang, dan guru SMK berjumlah 76 orang, dan kegiatan ini berlangsung selama 6 hari, dengan narasumber dari pusat dan daerah yaitu mereka yang telah mengikuti pelatihan kurikulum 2013 tingkat Nasional, dan biaya pelaksanaan kegiatan ini berasal dari APBD Provinsi Maluku tahun 2014

 

Sumber :

https://jilbabbayi.co.id/pengertian-islam/

This article was written by ebagi