Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak

Anda panik ketika tiba-tiba melihat kelopak mata bengkak. Bahkan, Anda tidak menangis. Kondisi umum akan sembuh dengan cepat, tetapi terkadang butuh waktu lama. Kecepatan penyembuhan tergantung pada apa yang menyebabkan kelopak membengkak. Jadi apa yang menyebabkan kelopak mata meradang? Bisakah itu diobati dengan cepat?

Penyebab kelopak mata meradang

Ini adalah beberapa kondisi, dari kondisi ringan hingga sangat serius, radang kelopak mata dan harus ditangani dengan cepat:

Kelelahan
Ketika Anda merasa lelah, kelopak mata Anda mungkin membengkak. Kondisi ini disebabkan oleh tenggorokan berair di daerah mata, sehingga di pagi hari Anda akan melihat bahwa mata bengkak.

Bintitan
Posisi ini akan memperbesar sudut kelopak mata Anda. Bintitan disebabkan oleh infeksi Staphylococcus aureus yang menyerang kelenjar mata. Selain bengkak, mata Anda akan memerah untuk sementara waktu.

Alergi
Jika mata bengkak Anda disertai dengan gejala seperti pilek dan mata merah, ini mungkin karena Anda alergi terhadap sesuatu. Alergi dapat disebabkan oleh debu atau esensi dari serangan bunga yang mengenai mata.

Konjungtivitis
Salah satu infeksi mata disebabkan oleh infeksi bakteri. Bukan hanya bengkak, tetapi mata Anda akan memerah jika Anda mengalami ini.

Penyumbatan saluran air mata
Kondisi ini paling sering dialami oleh bayi baru lahir dan anak kecil. Air mata yang disebabkan oleh infeksi menghalangi saluran dan dapat menyebabkan rasa sakit.

Kanker mata
Jika mata membengkak dan tidak kembali normal setelah beberapa saat, jangan anggap remeh. Karena ini mungkin salah satu gejala kanker mata. Namun, sebelum menyimpulkan, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter.

Bagaimana Anda menangani kelopak mata bengkak?
Anda dapat melakukan banyak hal seperti perawatan rumah awal, nama:

Kompres mata Anda dengan handuk yang dibasahi air dingin.
Lepaskan jika Anda memakai lensa kontak

Tenangkan mata Anda

Gunakan kantong teh tua untuk mengompres mata bengkak. Kafein memiliki kemampuan mengurangi peradangan.

Saat Anda tertidur, angkat kepala Anda agar air tidak mengalir di sekitar mata Anda.
Jika kelopak mata bengkak dengan gejala nyeri, penyebabnya adalah infeksi. Pengobatan untuk infeksi akan didasarkan pada jenis pengalaman infeksi.

Karena itu, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, cobalah untuk menghindari hal-hal yang mengiritasi mata Anda, seperti make up, dan sering mencuci wajah Anda dengan sabun khusus untuk mencuci wajah Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak memberikan saran medis, diagnosa atau perawatan. Silakan lihat halaman Kebijakan Editorial kami untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: