BUDIDAYA TEBU UNTUK BIBIT

BUDIDAYA TEBU UNTUK BIBITBUDIDAYA TEBU UNTUK BIBIT

Menanam / budidaya tanaman tebu untuk keperluan bibit tidak jauh berbeda dengan budidaya untuk keperluan konsumsi perbedaannya terletak pada umur pemupukan dan perawatan ,untuk petani tebu yang mempunyai lahan luas, pengadaan bibit biasanya dilakukan sendiri dengan menanam tebu untuk persediaan bibit. Berikut ini cara menanam / budidaya tanaman tebu untuk bibit.

Menanam / budidaya tanaman tebu untuk bibit.

Seperti biasanya , persiapan lahan dilakukan dengan mengemburkan tanah dengan di bajak lalu dihaluskan dan di buat alur / cekungan ( tinggi 30 cm , lebar 40 cm , kedalaman 20 cm ) untuk menanam tebu ,dan tepinya di buatkan got mengelilingi sawah / lahan untuk drainase.

Penaman tebu dimulai dengan memotong bibit tebu yang panjang menjadi 40 � 50 cm dan menyeleksi bibit yang cacat di pisahkan / mata tunasnya kering atau cacat. Selanjutnya menanam pada lahan dengan meletakkan bibit tebu dengan mata tunas menghadap samping kanan dan kiri , kemudian di timbun dengan tanah selanjutnya dilakukan pengairan secara merata . untuk jenis tanah yang basah , pengairan tidak perlu dilakukan , nantinya bibit bisa tumbuh sendiri.

Perawatan tanaman tebu untuk bibit

Penyulaman dilakukan bila ada tanaman mati diganti dengan tanaman baru , ini dilakukan tanaman umur 1 bulan.

Pemupukan tanaman tebu dilakukan 3 x yaitu pada saat tanam , umur 2 bulan dan 4,5 bulan , komposisi pupuk diapat dilihat di bawah ini

Umur pemupukan
urea
za
phonska
tsp
kalium
Saat tanam

70 kg/ha
70 kg/ ha
35 kg/ ha

2 bulan

300 kg/ ha
250 kg/ ha

200 kg/ ha
4,5 bulan

350 kg/ ha
250 kg/ ha

Setelah pemupukan dilakukan pengairan secara merata , kemudian dilakukan pembuangan secara tuntas agar tidak ada air yang menggenang.

Pemupukan organik / bokashi dilakukan pada saat akan tanam akan mengurangi penggunaan pupuk kimia dan menyebabkan struktur tanah kembali normal.

Untuk tanaman tebu calon bibit tidak perlu dilakukan klentek karena unutk menjaga agar mata tunas tidak kering terkena sinar matahari.

Panen tebu untuk bibit

Panen tebu untuk bibit dilakukan pada saat tanaman umur 6 bulan ,ketika tinggi tanaman mencapai 2,7 -3 meter ( tergantung pola perawatan) cara panen dengan dipotong pangkal batang tanpa bersihkan daunnya ,lalu dikumnpulkan untuk di potong � potong menjadi bibit tebu.

Demikian cara menanam / budidaya tebu untuk bibit. Semoga bermanfaat .

 

Sumber: https://obatkuatpria.id/oppo-akan-buat-f3-varian-merah/

This article was written by ebagi