BUDIDAYA RAMBUTAN

BUDIDAYA RAMBUTANBUDIDAYA RAMBUTAN

Tanaman rambutan berasal dari daerah tropis tepatnya Asia tenggara, tanaman ini termasuk kedalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae. Di Indonesia hampir setiap rumah mempunyai tanaman rambutan karena mudah membudidayakan ,dan dapat hidup di segala tempat ketinggian , media tanah lempung sampai berpasir asalkan ada unsur haranya.tanah tidak becek / tergenang air .berikut ini car menanam rambutan.

CARA MENANAM / BUDIDAYA RAMBUTAN

Persiapan lahan

Lahan atau kebun dibersihkan dari rumput liar / alang-alang, dengan di babat / dicangkul lalu di kumpulkan dan di bakar atau dengan menggunakan obat herbisida yang sistemik ( Roundup ,Glisat ) disemprotkan merata dengan dosis 200 cc / tangki , 1 tangki =17 liter, kemudian ditunggu beberapa hari sampai rumput mati bersama dengan akarnya.

Membuat lubang untuk tanam dengan diameter 30 cm, kedalaman 40 cm , jarak lubang / tanam 5 meter lalu di biarkan 2 hari agar terkena sinar matahari.

Pengadaan bibit rambutan

Untuk mendapatkan bibit rambutan dengan cara membuat bibit sendiri / atau beli di tempat penjualan bibit , bibit yang bagus dan cepat berbuah adalah jenis hibrida yang perbanyak dengan cara vegetatif (cangkok, setek ,sambung pucuk dll) sedangkan perbanyak dari biji , membutuhkan waktu lama untuk berbuah kadang tidak sama dengan induknya .

Penanaman rambutan

Siapkan bokashi , lalu campur dengan tanah perbandingan 1: 1 kemudian masukkan ke lubang dan taburkan Furadan 3 g 25 gram tiap lubang untuk mencegah hama dari tanah , selanjutnya siram dengan air sampai basah merata, kemudian masukkan bibit rambutan tinggi kira � kira 1 m, lalu tutp dengan tanah di campur dengan bokashi dan rapatkn dngan diinjak, selanjutnya siram sampai merata dan pasang tajuk dan ikat dengan tali agar tanaman tidak bergerak.

Perawatan tanaman rambutan

Penyiraman pada tanaman yang baru dilakukan setiap hari dan bila sudah tumbuh dilakukan 2 � 3 hari sekali, melihat kondisi tanah.
Penyulaman dilakukan bila ada tanaman yang mati atau kurang sehat , diganti dengan tanaman yang baru yang sehat .

Pemupukan tanaman ,untuk mempercepat pertumbuhan gunakan pupuk kimia jenis ZA di campur dengan Urea, untuk pemupukan pertama dilakukan saat tanaman umut 3 minggu dosisnya 30 gram , kemudian umur 2 bulan dosisnya di tambah dan seterusnya , cara pemupukan dengan disebar di dekat batang tanaman lalu disiram sampai larut. Untuk pemupukan pada tanaman yang sudah besar ,ditambah kan Phonska dan bokashi ,cara pemupukan dibuatkan parit mengelilingi batang dan ditutp kembali setalah pupuk di sebarkan dan jangan lupa untuk menyiramnya sampai basah merata.

Pemangkasan tanaman perlu dilakukan untuk membentuk batang, cabang yang di kehendaki dan membuang cabang yang kurang sehat agar pertumbuhannya optimal.

Pemanenan tanaman rambutan

Tanaman rambutan dapat di panen mulai umur 3- 4 tahun setelah tanam , buah yang siap di petik adalah buah yang masak di pohon ditandai dengan ciri ciri:
1. Warna kulit buah sudah berubah dari hijau menjadi merah / kuning
2. Bulu kulit mulai rontok/ berkurang
Cara panen dengan di petik atau di potong tangkai buahnya selanjutnya diikat dan dikumpulkan untuk memudahkan membawanya

Demikian cara menanam / budidaya rambutan. semoga bermanfaat.

 

Sumber: https://obatpenggemukbadan.id/google-pecat-karyawan-penyebar-memo-anti-keberagaman/

This article was written by ebagi