Bekerja dengan obyek dan properti sistem

Bekerja dengan obyek dan properti sistem

Bekerja dengan obyek dan properti sistem
Bekerja dengan obyek dan properti sistem

Sebagai tambahan dari obyek-obyek yang anda buat, seperti tombol, field, halaman dan background, ToolBook memiliki sejumlah obyek sistem yang dapat anda manipulasi untuk merubah bagaimana penampilan dan kelakuan sistem ToolBook. Contoh obyek sistem adalah comman window, toolpalette, dan polygon plette.

Obyek sistem toolbook berbeda dengan obyek-obyek seperti tombol dan halaman karena anda tidak dapat membuat atau menghapusnya. Walaupun demikian, obyek sistem memiliki properti yang bisa anda dapatkan dan rubah nilainya. Sebagai contoh, anda dapat menampilkan atau menyembunyikan obyek sistem, merubah caption dan statsu bar, dan yang lainnya.

Berikut adalah nama-nama dati tipe obyek sistem ToolBook :

colorTray patternPalette statusControls
command window polygonpalette statusIndicators
lineEndsPalette status bar toolbar
linePalette statusBox toolpalette

Properti sistem mendefinisikan kelakuan mula-mula dari keseluruhan sistem toolbook atau mengenali obyek yang sedang menerima pesan. Dengan merubah nilai dari properti sistem tertentu anda dapat menentuan properti awal dari setiap obyek yang akan anda buat, mengatur margin dan properti pencetakkan, atau menentukan format dari nilai sistem seperti tanggal dan jam

Ada lima macam properti sistem :

  • General system properties : properti ini mmpengaruhi setiap buku yang dibuka aleh suatu sesi ToolBook. Misalnya, jika anda mengatur nilai properti sysTimeFormat pada handler enterBook di buku yang pertama anda buka, maka format tersebut akan dipakai oleh seluruh buku yang di buka kemudian, kecuali nilai properti tersebut dirubah lagi.
  • Event focus properties : properti seperti target, focus, targetWindow, focusWindow dan selection menunjukkan obyek mana yan sedang menerima pesan
  • Printer system properties : properti ini mempengaruhi bagaimana suatu buku dicetak. Sebagai Contoh, bila anda mengisi nilai properti printerBorders menjadi true, maka setiap halaman dan laporan yang dari buku dicaetak akan memiliki suatu bingkai (border) disekelilingnya.
  • International system properties : properti ini bis adopakai untuk secara otomatis memakai format-format lkal. Misalnya, properti sysDecimal mengatur karakter mana yang mnjadi karakter perintah bilangan pecahan.
  • Startup System Properties : properti ini mempengaruhi seluruh buku pada seluruh sesi ToolBook. Properti ini diatur pada file TOOLBOOK.INI

Sumber : https://abovethefraymag.com/

This article was written by ebagi