Bahan Alami Untuk Mengatasi Biang Keringat

Panas ringan adalah salah satu masalah kulit yang umumnya ditandai dengan adanya bintik-bintik merah yang muncul di sekitar kulit wajah, leher, punggung, dada dan paha. Saat terkena sinar matahari langsung, kekakuan membuat panas sangat gatal.

Penyebab munculnya biang keringat

Panas berduri Myophia juga terjadi ketika Anda berkeringat lebih dari normal, tetapi kelenjar keringat Anda tersumbat, sehingga keringat tersumbat dan tidak bisa dihilangkan. Obstruksi keringat ini menyebabkan peradangan dan munculnya ruam pada kulit. Gejalanya bisa memburuk di bagian tubuh yang tertutup pakaian. Risiko Anda terkena penyakit ini akan meningkat jika Anda:

  • Rasa sakitnya bertahan lebih lama dan Anda hanya perlu menghabiskan waktu di tempat tidur. Kondisi ini memungkinkan Anda untuk lebih banyak berkeringat, terutama jika Anda hanya menghabiskan waktu di atas selimut tebal selama waktu ini.
  • Pakailah pakaian berlebihan di cuaca dingin.
  • Penderita obesitas (kegemukan), karena semakin besar tubuhnya, semakin banyak pula keringatnya.
  • Bayi dan anak-anak juga memiliki peningkatan risiko terkena penyakit ini, karena kelenjar keringat tidak berkembang sepenuhnya pada usia itu.
  • Seringkali, biang keringat akan hilang dalam hitungan hari. Namun, jika gejala demam, menggigil, dan nyeri memburuk, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Bagaimana menyingkirkan biang keringat dengan bahan alami?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa beberapa obat seperti lotion kalamin, lanolin anhidrat, dan steroid topikal dapat mengobati panas berduri. Mengenakan pakaian yang longgar, dingin, mandi, dan tidak menggunakan krim atau salep yang mengisi saluran keringat juga bisa menjadi cara alternatif untuk menghindari panas yang berduri. Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan biang keringat?

1. Cendana
Tanaman ini telah dikenal sebagai kayu cendana sejak zaman pengobatan tradisional India, diyakini akan menutupi biaya keringat berlebih pada tubuh. Langkah aplikasinya adalah mencampur bubuk cendana dengan air mawar, lalu oleskan ke bagian tubuh yang terlalu berkeringat.

2. Lidah buaya
Tanaman ini, lebih dikenal sebagai lidah buaya, dipercaya memberikan stimulan yang menyegarkan, sehingga campuran gel yang terkandung di dalamnya, dicampur dengan air mawar, diyakini dapat menghilangkan panas yang berduri.

3. lemon
Lemon memiliki kemampuan untuk mengontrol minyak yang dihasilkan dengan mengorbankan keringat, karena lemon memiliki kandungan asam yang dapat mengontrol minyak dan mengurangi keberadaan bakteri. Anda dapat membilas tubuh Anda dengan campuran air jus lemon untuk Anda gunakan. Beberapa penulis merekomendasikan untuk tidak melakukan teknik ini, jika masih aktif di bawah sinar matahari langsung.

Baca juga:

Potensi Wisata Budaya Tradisional Sebagai Bentuk Ekonomi Kreatif