Amankah Wadah Plastik untuk Makanan?

Anda harus berhati-hati ketika memilih wadah plastik untuk dibeli atau digunakan, karena tidak semua wadah plastik adalah tempat yang baik untuk menyimpan makanan. Beberapa dari mereka dapat mencemari makanan mereka dengan minum atau mengandung bahan kimia. Jadi bagaimana Anda menemukan wadah yang tepat dan sehat untuk menyimpan makanan atau minuman?

Berbagai kode pada kemasan plastik untuk makanan dan minuman

Jika Anda membeli wadah plastik untuk makan dan minum, pastikan wadah tersebut termasuk dalam kategori food grade. Wadah berlabel food grade didefinisikan sebagai wadah aman untuk menyimpan makanan atau minuman. Setiap wadah plastik memiliki kode sendiri, dan kode ini dapat membantu Anda menentukan apakah wadah tersebut baik atau berbahaya bagi kesehatan.

Kode diberi nomor 1-7 dan biasanya ditemukan di bagian bawah wadah plastik. Berikut adalah kode pada wadah makanan:

Kode 1
Jenis plastik yang dibuat wadah ini disebut Polyethylene Terephthalate (PET). Wadah kode 1 memiliki sifat yang jelas dan kuat, tahan terhadap gas dan air, tetapi bahkan tidak dapat menahan panas ketika suhu mencapai 80 derajat celcius. Anda dapat menemukan kode ini pada botol kemasan, kaleng minuman, botol kecap, atau saus cabai.

Kode 2
Terbuat dari plastik high-density polyethylene (HDPE), umumnya digunakan untuk tutup plastik pada susu cair atau botol jus dan dalam kemasan makanan. Wadah jenis ini akan melunak pada suhu 75 C.

Kode 3
Wadah ini mengandung plastik jenis polivinil klorida (PVC), yang keras, tangguh, dan tidak tahan jika dipanaskan hingga 80 ┬░ C. Wadah jenis ini biasanya digunakan untuk minyak sayur, kecap, wadah minuman, dan beberapa pembungkus makanan.

Kode 4
Code Container Containers adalah polietilen densitas rendah yang biasa digunakan untuk wadah yogurt dan kantong makanan segar.

Kode 5
Wadah Kode 5 terbuat dari jenis polypropylene yang tangguh namun fleksibel. Makanan juga tahan terhadap suhu tinggi, minyak panas dan dapat bertahan hidup jika dipanaskan hingga 140 derajat Celcius. Botol umumnya terbuat dari jenis plastik ini dan dianggap aman.

Kode 6
Styrofoam adalah contoh kode wadah makanan 6 .. Wadah ini terbuat dari polystyrene dan tidak tahan panas. Selain styrofoam, wadah makanan siap saji, gelas sekali pakai juga sering diberi kode.

Kode 7
Wadah berkode terbuat dari berbagai jenis plastik belum lagi atau campuran dari berbagai jenis.

Baca juga: