Alasan Mengapa Backup Data Itu Sangat Penting

File digital / penyimpanan data telah menjadi cara sederhana untuk menjaga data / file tetap aman. Namun, apakah file / data kami benar-benar aman ketika disimpan dalam penyimpanan digital seperti hard drive, flash drive, kartu SD, dll? Tentu tidak.

Karena data / file yang disimpan secara digital dapat hilang kapan saja. Penyebab kehilangan data / file juga bervariasi, file-file itu mungkin rusak, pada hard drive atau mereka mungkin terinfeksi virus. Namun, Anda dapat menghindari semua hal ini dengan menyalin data.

Jadi di sini Caris Signal akan membahas betapa pentingnya untuk membuat cadangan data Anda sebelum terjadi kesalahan. Berikut adalah 7 alasan yang kami rangkum dariĀ tabloidtekno.com mengapa Anda harus mencadangkan data Anda.

1. Penyimpanan yang rusak

Menyimpan data dapat di mana saja, biasanya disimpan di hard drive PC / Laptop. Tetapi ada juga orang yang menyimpan data pada kartu memori, kartu SD, flash disk atau CD / DVD. Namun, semua media penyimpanan data rentan terhadap kerusakan, sehingga file / data yang terkandung di dalamnya cenderung hilang atau bahkan rusak.

Karena itu, membuat cadangan data Anda adalah pilihan terbaik. Sebelum kerusakan terjadi, Anda harus menyimpan data / file penting di media penyimpanan lain. Jika Anda memiliki penyimpanan eksternal yang terbatas, Anda dapat membuat cadangan data ke penyimpanan cloud. Sekarang ada banyak penyimpanan cloud yang tersedia di pasaran, beberapa gratis dan berbayar.

2. Meningkatkan produktivitas

Ketika data hilang, secara otomatis membutuhkan waktu untuk membuat kembali data / file. Misalnya, Anda seorang siswa yang mengerjakan tesis. Tiba-tiba, laptop itu mengalami kerusakan pada hard drive untuk melakukan tesis.

Setelah itu, hard drive tidak dapat disimpan, sehingga file tesis hilang begitu saja. Dengan peristiwa seperti itu, suka atau tidak, siswa harus membuat ulang tesis dan itu adalah buang-buang waktu.

Karena itu, jangan buang waktu dengan cara ini, Anda harus terlebih dahulu menyimpan data penting (backup data) sehingga siswa tidak perlu melakukan skripsi dua kali. Ini, Anda tahu, bahkan dapat meningkatkan produktivitas Anda!

3. Virus yang merusak data

Ada banyak jenis virus yang dapat membahayakan PC / laptop. Bahkan, ada beberapa virus komputer yang melakukan serangan khusus terhadap file di hard drive atau penyimpanan lainnya. Tidak hanya itu, ada juga virus yang menyerang data, maka data tidak dapat dipulihkan.

Tentu saja, ini sangat fatal bagi mereka yang memiliki banyak data penting di PC / Laptop mereka. Sebelum itu terjadi, sebaiknya buat cadangan data Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data penting lagi.

4. Mengalami bencana

Selain virus dan kerusakan perangkat, penyebab lainnya adalah bencana yang dapat terjadi di mana saja, kapan saja. Kami tidak pernah mengharapkan bencana, tetapi kami tidak pernah bisa memprediksi kapan itu akan terjadi.

Jadi, kita harus bersiap untuk kemungkinan terburuk, misalnya laptop / PC kebanjiran, semua perangkat di dalamnya juga secara otomatis rusak, kemungkinan memulihkan data pada laptop / PC sangat sulit. Jadi mulai sekarang, biasakan mencadangkan data file penting, apakah ada salahnya “tersedia sebelum hujan”?

5. Pencurian

Tidak ada yang ingin mengalami pencurian, tetapi itu bisa terjadi pada siapa saja, di mana saja. Jika pencurian terjadi dan Anda telah membuat cadangan data Anda, setidaknya Anda masih dapat mengaksesnya dan tidak kehilangan data penting. Jadi, apakah Anda masih ragu untuk mencadangkan data Anda?

6. Pencadangan data mudah!

Untuk mencadangkan data Anda, Anda dapat mempercayai dua media penyimpanan, offline, offline, dan online. Untuk online, Anda dapat menggunakan banyak aplikasi penyimpanan cloud. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, coba gunakan aplikasi OneDrive.

Selain OneDrive, Anda juga bisa mempercayai DroP PubX, Google Drive, SugarSync, dan penyimpanan cloud lainnya. Semua aplikasi ini menawarkan penyimpanan versi gratis versi terbatas.

Tetapi, jika Anda ingin lebih banyak penyimpanan, cobalah berlangganan dengan membayar bulanan. Oh ya, karena menyimpan data online, Anda memerlukan Internet untuk mengakses data, ya.

Data Tidak hanya menyimpan data online, tetapi Anda juga dapat membuat cadangan data menggunakan flash, CD / DVD, atau hard drive eksternal.

Baca juga: