Akibat Buruk Hambatan Mental pada Anak

Akibat Buruk Hambatan Mental pada Anak

Ayah bunda, inilah ini ialah akibat yang dimunculkan dari hambatan mental pada anak yang sudah disusun pada masa kritis anak, yakni umur 0-6 tahun. Adakah anak anda mempunyai hal inilah ini:

1. Memiliki Kesulitan dalam Belajar
Anak yang telah diprogram dirinya bebal maka ia bakal terus merasa bodoh, belajar menjadi lebih susah atau mata latihan tertentu paling sulit maka anak bakal mempunyai motivasi belajar yang rendah. Mereka bakal mempunyai segudang dalil untuk tidak belajar dan dampaknya anak bakal benci belajar.

2. Rasa Percaya Diri yang Rendah
Pernahkah anak merasa tidak percaya diri dan takut mengerjakan sesuatu hal. Anak yang telah diprogram semenjak kecil sebagai ‘Anak Bodoh’ maka ia tidak bakal berani menyerahkan masukan atau ide-ide untuk kelompoknya. Terkadang ketika mereka diminta menyatakan di ruang belajar rasa takut telah menghampirinya.

3. Sulit Bersosialisasi
Beberapa anak akan kendala dalam menjalin hubungan secara emosional dengan rekan atau lingkungannya. Bahkan sering diantara mereka membangun kumpulan tersendiri yang memiliki keterampilan belajar yang sama di ruang belajar sehingga anak dengan keterampilan biasa saja susah bergabung dan menjadi tidak punya teman.

4. Tidak Kreatif
Anak melulu menunggu perintah dari orang tua atau guru untuk mengerjakan suatu kegiatan tanpa mengindikasikan kreatifitas mereka. Saat anak menemukan masalah, mereka ingin berhenti dan tidak memikirkan bagaimana teknik mengatasi hambatan yang dihadapinya. Bila hambatan bental tidak ditamatkan maka tingkat kreatifitas anak pun tidak dapat meningkat.

5. Harga diri yang rendah
Harga diri yang rendah yang dipunyai oleh anak bersumber dari sekolah dan orang tua. Contohnya, anak menemukan nilai buruk di sekolah. Di sekolah anak telah merasa bebal dengan mencocokkan nilai yang diraih dengan nilai rekan sekelasnya. Ditambah dengan orang tua yang marah sebab lelah sepulang kerja, terkadang maksud baik orang tua tidak dapat dimengerti oleh anak sebab keterbatasan teknik berpikirnya. Perlakuan berikut yang menciptakan anak merasa tidak berharga.

Sumber : https://www.studybahasainggris.com/

This article was written by ebagi