Penerapan Listrik Dinamis di Sekitar Kita

Penerapan Listrik Dinamis di Sekitar Kita

Bayangin deh anda lagi buka situs Ruangguru.co.id di hp-mu, eh tiba-tiba hp-mu lowbatt. Pas anda rela charge, tiba-tiba listrik rumahmu padam. Kesel banget kan pasti! Lagi kesel karena hp mati, mainan mobil-mobilan adikmu lewat gangguin kamu. Jadi bertubi-tubi keselnya!

Mainan mobil-mobilan yang memanfaatkan baterai adalah salah satu contoh berasal dari listrik dinamis yang ada di kira-kira kita. Sama layaknya listrik statis, listrik dinamis terhitung ada di kehidupan kami sehari-hari Squad. Listrik dinamis yang ada terhadap mainan mobil-mobilan terdapat dalam baterainya. Ketika saklar ON dinyalakan, maka ke-2 ujung batu baterai yang memiliki kandungan muatan listrik akan terhubung bersama dengan motor listrik yang ada terhadap mobil-mobilan tersebut. Jadi, mobil-mobilannya dapat jalan deh!

Selain mainan mobil-mobilan, senter terhitung salah satu contoh berasal dari aplikasi listrik dinamis di kira-kira kita. Lampu senter dapat menyala dan bercahaya karena ada aliran elektron di dalamnya. Listrik dinamis terhitung ada terhadap komputer, bor listrik, kulkas, tv, dan barang-barang peralatan rumah tangga yang lain. Sekarang, di kehidupan sehari-hari kami nggak kemungkinan jikalau nggak memanfaatkan listrik. Betul nggak Squad?

Nah, listrik yang kami memanfaatkan sehari-hari namanya adalah listrik dinamis. Listrik dinamis berarti listrik yang bergerak atau mengalir, atau yang biasa disebut bersama dengan arus listrik.

Kalian penasaran nggak sih apa yang dapat mengakibatkan aliran listrik? Nah, kami cari jawabannya sekarang.

A. KUAT ARUS LISTRIK

Menjawab pertanyaan di atas, aliran listrik ditimbulkan oleh muatan listrik yang bergerak di dalam suatu penghantar. Muatan listrik dalam jumlah khusus yang menembus penampang berasal dari suatu penghantar dalam satuan sementara khusus disebut sebagai kuat arus listrik.

Sekarang kami persingkat deh. Jadi, kuat arus listrik adalah jumlah muatan listrik yang mengalir dalam suatu penghantar tiap satuan waktu. Arus listrik ini dapat dihitung loh Squad. Kuat arus listrik dapat dihitung bersama dengan rumus:

B. BEDA POTENSIAL (TEGANGAN LISTRIK)

Dalam listrik dinamis terhitung ada yang disebut bersama dengan beda potensial atau sumber tegangan listrik. Beda potensial adalah banyaknya energi untuk memindahkan muatan listrik berasal dari satu titik ke titik lain. Adanya beda potensial ini sebabkan terjadinya arus listrik berasal dari kutub positif ke kutub negatif, serta aliran elektron berasal dari arah sebaliknya. Beda potensial atau tegangan listrik ini dapat dihitung secara matematis bersama dengan rumus:

Beda potensial itu dapat diukur bersama dengan voltmeter Squad. Voltmeter tetap dipasang paralel bersama dengan benda yang akan diukur beda potensialnya. Pelajari terhitung yuk pertalian pada beda potensial (V) dan kuat arus listrik (I).

Baca Juga :

This article was written by ebagi