Metode Belajar Mengajar Melalui Internet

Seiring sejalan dengan dunia teknologi yang berkembang dengan sangat pesat, hal yang sama juga berlaku pada dunia pendidikan. Dunia pendidikan juga berkembang dengan pesatnya. Tak hanya di berbagai belahan dunia seperti Finlandia yang memang sudah terkenal dengan basis pendidikan terbaik dunia atau Singapura dan Malaysia yang juga dikenal selalu mengalami pembenahan pendidikan, Indonesia juga salah satu negara yang turut serta dalam pembenahan pendidikan dunia.

Metode Belajar Mengajar Melalui Internet
Metode Belajar Mengajar Melalui Internet

Memang tidak begitu sempurna akan tetapi berbagai macam upaya diterapkan untuk menyempurnakan dunia pendidikan di Indonesia. Mengenai metode belajar mengajar yang diterapkan, ada beberapa metode belajar mengajar melalui internet yang kali ini banyak diterapkan. Hal ini berlaku mengingat para pelajar sudah tidak asing lagi dengan internet dan juga supaya pelajar Indonesia dapar mengerti arti penting internet dalam dunia pendidikan sehingga tidak menyalahgunakan internet. Seperti apa metode belajar mengajar melalui internet yang sekarang ini diterapkan di Indonesia?

Metode Belajar Mengajar Melalui Internet  

Ada beberapa aspek yang menjadi fasilitas yang diberikan oleh internet sebagai metode belajar mengajar melalui internet diantaranya yaitu :

  • E-mail. Fasilitas yang diberikan oleh internet yang satu ini memang sangat sederhana akan tetapi juga sangat mudah digunakan. Ada juga yang diberi nama mailing list dan telah diperkenalkan bahkan sekitar tahun 1972 setelah email muncul di dunia internet. Mailing list ini merupakan salah satu fasilitas yang memang dapat digunakan sebagai sebuah tempat untuk berdiskusi atau bertukar informasi.
  • Fasilitas news group yang diberikan oleh internet menjadi sebuah fasilitas yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi antara dua orang atau lebih yang dapat dilakukan secara serentak. Misalkan seperti video conferencing atau yang juga dikenal sebagai audio saja.
  • File transfer protocol. Fasilitas yang diberikan internet ini digunakan dimana para penggunanya dapat memberikan transfer file dengan cara mengupload pada internet sehingga dapat digunakan oleh para pengguna internet lain di seluruh dunia dengan cara mendownloadnya.
  • World wide web atau yang sering disebut www ini merupakan sebuah fasilitas web yang berupa kumpulan dokumen besar yang disimpan didalam server di seluruh dunia. Dokumen ini nantinya dikemas dalam bentuk HTML. Dengan HTML ini maka seluruh dokumen tersebut dapat diakses dalam bentuk HTML. Dan dengan HTML ini seluruh dokumen tersebut dapat diakses oleh semua orang.

Jadi dengan begitu internet tentu menjadi sebuah media pembelajaran yang fleksibel dan sesuai dengan perkembangan zaman sehingga siapa saja dapat secara tepat mengakses semua informasi yang berhubungan dengan pendidikan di media internet. Demikian sedikit informasi tentang Metode Belajar Mengajar Melalui Internet. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda.   sumber :  https://www.dosenpendidikan.com/

 

This article was written by ebagi