Memberantas Buta Huruf Al-Qur’an Melalui STQ Ke-36

Memberantas Buta Huruf Al-Qur’an Melalui STQ Ke-36

 

Seleksi Tilawatil Qur’an

Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) pada dasarnya merupakan ajang bagi masing-masing peserta dalam memuliakan dan memberlakukan Al Qur’an dengan sebaik-baiknya, dalam arti membacanya dengan baik dan benar, memahami artinya dan mengamalkannya.

Sekretaris Daerah

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat saat membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke-36 Tingkat Kecamatan Bogor Tengah Tahun 2017 di Masjid An Nur, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Sabtu (2/12/2017).

Tujuan penting lainnya yang dicapai sambung Ade adalah memberantas buta huruf Al Qur’an, meningkatkan kemauan dan kemampuan umat dalam membaca dan menghapal Al Qur’an sekaligus mentafsir dan mengkaji Al Qur’an.

Gerakan memberantas buta huruf Al Qur’an atau gerakan mengajak dan meningkatkan baca Al Qur’an menjadi gerakan yang perlu digiatkan dan didukung semua pihak.

“Jadi MTQ harus dimanfaatkan sebagai peluang membangkitkan minat dan semangat umat islam untuk selalu mau dan penuh disiplin membaca Al Qur’an, menghafal dan mengkajinya setiap hari,” tegas Ade.

Bahkan kata Ade

Dikalangan anak-anak maupun remaja, program tahfidz Al Qur’an mampu mendorong setiap anak untuk dapat mengelola diri hingga mampu mencapai kualitas pribadi yang terbaik, kelak menjadi manusia dewasa dengan otak cemerlang dan bersih, demi mengembangkan kecerdasan yang luar biasa.

STQ Tingkat Bogor Tengah Ustadz Kusnadi

Sebelumnya, Ketua Panitia STQ Tingkat Bogor Tengah Ustadz Kusnadi menyebutkan, lomba ini dibagi dengan 5 kategori dan diikuti 121 peserta, dengan mayoritas berasal dari Kelurahan Paledang sebanyak 49 peserta.

“Untuk penilai ada dari dewan hakim sebanyak 8 orang yang berasal dari berbagai unsur yang memiliki kompetensi. Untuk STQ Ke-36 ini SMP Negeri 11 Kota Bogor digunakan sebagai lokasi lomba dengan kategori lomba, tilawah, tahfidz, tafsir, syahril dan khat kaligrafi,” katanya.

 

Sumber : https://pakdosen.co.id/

This article was written by ebagi