Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri yang Aman versi LPDP

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri yang Aman versi LPDP

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri yang Aman versi LPDP
Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri yang Aman versi LPDP

Kasus kerja paksa yang dialami mahasiswa asal Indonesia di Taiwan menjadi pembelajaran besar

. Terutam bagi yang memburu kuliah di luar negeri dengan dana beasiswa.

Ke depan, agar calon mahasiswa tidak menjadi korban penipuan saat kuliah di luar negeri, mereka disarankan untuk memilih beasiswa resmi dari pemerintah. Saran itu dikemukan oleh pihak Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Sekjen Mata Garuda LPDP Akbar Nikmatullah Dachlan mengatakan, beasiswa resmi dari pemerintah bisa melindungi mahasiswa saat berada di negara tujuan. Sebab kedua negara telah memiliki bentuk kesepahaman dalam kerja sama. Di antaranya pasti memuat bentuk perlindungan bagi calon mahasiswa yang dikirim ke negera tersebut.

“Kalau memang kita mau hati-hati dan aman itu beasiswa harus dari pemerintah. Kita dilindungi dan segala macam karena ada hubungan diplomatik,” ujarnya saat dihubungi JawaPos.com, Senin (7/1).

LPDP sendiri menjamin keselamatan mahasiswa yang berangkat ke negara tujuan

. Para mahasiswa akan kuliah tanpa kekurangan apapun.

Berdasar pengalamannya, Akbar merasakan perlindungan mendapatkan beasiswa resmi. Kala beasiswa S2 di Universitas Birmingham, Inggris pada 2013 lalu.

“Apalagi kalau kita menerima beasiswa dari pemerintah luar bukan LPDP. Misalnya dari pemerintah Inggris. Saya akan dilindungi sama mereka, karena ini hubungan bilateral negara. Jadi nggak main-main, nggak mungkin ada penipuan dan sebagainya,” tegas dia.

Selain beasiswa pemerintah, para calon mahasiswa bisa mencari program

dari universitas tujuan. Biasanya, informasi tersedia di website resmi kampus tersebut.

“Terus yang kedua kalau mau aman lagi itu adalah dari kampus. Jadi dari universitasnya langsung cek, buka website kampusnya. Jadi daftar dulu langsung ke kampus yang buka buka lowongan (beasiswa),” pungkasnya.

 

Baca Juga :

This article was written by ebagi